Contoh lembar pengesahan – Apakah kamu sedang membuat makalah tugas atau skripsi? Jika iya, pasti kamu tidak melewatkan bagian lembar pengesahan. Sebab pada bagian itu makalahmu dapat dinyatakan layak atau tidak. Lembar ini digunakan untuk menunjukkan legalitas atau disahkan tidaknya makalah penelitian yang kalian lakukan.

Sayangnya penulisan lembar pengesahan juga masih dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal lembar ini memiliki fungsi vital dalam sebuah makalah walau hanya satu lembar saja. 

Ya, melalui satu lembar pengesahan yang tercantum di dalamnya rekomendasi dari pihak-pihak terkait seperti dosen, institusi yang bersangkutan, sudah cukup untuk menunjukkan bahwa penelitian atau laporan kegiatan yang kalian buat sudah disetujui dan sudah sah.

Buat kamu yang masih bingung dengan penulisan lembar pengesahan, fungsi hingga format penulisannya, tenang dulu. Kalian bisa pelajari selengkapnya di bawah sini nih. Pelajari dengan baik, ya!

Apa itu Lembar Pengesahan 

Pengertian lembar pengesahan adalah lembar yang berisi pernyataan atau persetujuan dari pihak terkait mengenai sah/tidaknya laporan yang dibuat oleh seorang penulis. Lembar ini penting untuk dilampirkan pada berbagai bentuk laporan kegiatan, laporan praktikum serta karya tulis ilmiah seperti makalah skripsi, hingga proposal penelitian.

Lembar pengesahan penting dicantumkan dalam sebuah laporan makalah karena tujuannya yakni digunakan sebagai bukti disahkannya suatu laporan kegiatan atau penelitian. Penentu sah/tidaknya laporan ini pun tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Pihak-pihak terkait yang berkepentingan dan memiliki wewenang saja yang bisa memberikan persetujuan melalui lembar pengesahan.

Teknis pembuatan lembar pengesahan wajib mencantumkan nama dari pihak luar seperti misalnya guru pendamping, tokoh masyarakat maupun dosen pengampu dari karya tulis tersebut.

Misalnya untuk laporan penelitian skripsi, pihak-pihak yang boleh menentukan sah/tidaknya laporan penelitian adalah seperti dosen pembimbing, dosen penguji, ketua jurusan, hingga dekan fakultas. Untuk laporan kegiatan suatu organisasi misalnya pihak-pihak yang menyetujui di antaranya ada ketua pelaksana, ketua biro atau divisi, hingga ketua organisasinya.

Fungsi Lembar Pengesahan

Adapun fungsi lembar pengesahan diantaranya adalah: 

  1. Menjadi lembar yang berisi sebuah informasi kepada pembaca mengenai suatu penelitian atau kegiatan yang dibuat. Fungsi lainnya adalah memberi nilai kredibilitas. 
  1. Kredibilitas berarti dapat memberikan kepercayaan atau keyakinan kepada pembaca bahwa kegiatan atau penelitian yang akan atau sedang dibuat sudah disahkan dan disetujui oleh pihak-pihak tertentu.
  1. Selain itu lembar pengesahan juga berfungsi untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa karya yang ditulis merupakan karya orisinil peneliti (untuk penelitian) serta memenuhi unsur-unsur legal yang tentunya sesuai dengan standar institusi terkait. 
  1. Lembar pengesahan juga dapat berfungsi sebagai lembar yang menunjukkan kepada pembaca bahwa laporan penelitian yang kalian buat merupakan tulisan yang sudah diperiksa, merupakan hasil penelitian yang didapat melalui proses bimbingan yang panjang dengan pihak kompeten sehingga dapat dipertanggungjawabkan. 
  1. Lembar pengesahan juga sangat membantu bagi kalian yang ingin mengajukan penelitian pada kompetisi karya tulis ilmiah. Persetujuan dari berbagai pihak penting dapat menjadi rekomendasi sehingga dapat memudahkan kalian saat mengikuti ajang kompetisi karya ilmiah nantinya.
  1. Lembar pengesahan juga dapat memberikan manfaat yang bisa dirasakan oleh orang banyak yang membacanya. Salah satunya dengan lembar pengesahan, sebuah institusi menjadi tahu perilaku apa saja yang dilakukan oleh para anggotanya. Misalnya seperti seorang siswa atau mahasiswa yang akan melakukan sebuah kegiatan dan wajib memiliki persetujuan dari pihak-pihak tertentu.

Struktur Lembar Pengesahan 

Dalam proses menulis makalah ilmiah, kamu perlu mengikuti struktur yang berlaku. Karena termasuk karya tulis non fiksi, maka perlu disusun secara baku dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Struktur penulisan lembar pengesahan terdiri dari Tulisan lembar pengesahan yang di bold, nama pembuat karya, nama perekomendasi dalam lembar pengesahan, waktu, alokasi dana, pengesahan dan yang terakhir adalah pengesahan.

1. Tulisan “Lembar Pengesahan” Cetak Tebal

Lembar pengesahan dicetak tebal maksudnya adalah pada bagian awal penulisan lembar pengesahan haruslah dicetak tebal (Bold). Caranya pun sangat mudah meskipun begitu hal ini haruslah lah kamu lakukan, tidak bisa diabaikan begitu saja. Kamu bisa melihat ilustrasi berikut ini:

2. Menuliskan Nama Pembuat Karya

Selain dari tulisan yang dicetak tebal kamu juga harus menuliskan nama pembuat karya yaitu namamu sendiri. Di sana tercantum pula identitas pribadimu selaku pembuat karya tersebut, seperti nomor KTM (Kartu Mahasiswa) atau Kartu Pelajar.

Namun tidak hanya itu, beberapa contoh lembar pengesahan ada pula yang juga harus mencantumkan alamat rumah, email, nomor hp, serta jenis kelaminmu sendiri.

3. Menuliskan Nama Perekomendasi

Nama perekomendasi yang harus kamu tuliskan ialah nama dosen, guru atau tokoh masyarakat. Nama-nama tersebut haruslah kamu cantumkan dan itu mutlak sebab lembar pengesahan ini termasuk salah satu laporan yang formal jadi penulisan dan gaya bahasa juga harus yang sopan seperti dalam pembuatan penelitian sosial

4. Menuliskan Waktu

Menuliskan waktu di dalam sebuah lembar pengesahan adalah wajib dan umumnya waktu ini bisa berupa tanggal, bulan dan juga tahun atau jangka waktu dari pembuatan karya tulis.

Dan kamu bisa menuliskan tanggal terlebih dahulu lalu selanjutnya diikuti dengan bulan dan tahun agar lebih jelas.

5. Menuliskan Alokasi Dana

Dalam hal ini jika ingin menuliskan alokasi dana bisa disesuaikan dengan jenis proposal yang akan diajukan oleh masing-masing individu. Kalau dibuatnya proposal tersebut masuk dalam golongan wirausaha.

Maka syaratnya wajib mencantumkan bagian alokasi dana diperlukan, hal ini memperlihatkan transparansi dari sebuah proposal.

6. Menyertakan Pengesahan

Proses terakhir pembuatan lembar pengesahan ialah dengan menyertakan pengesahan dari kedua belah pihak atas jenis proposal yang sudah diajukan oleh pembuat dan perekomendasi.

Untuk menyertakan pengesahan biasanya ditandai dengan memberikan kolom ataupun tanda tangan bermaterai agar salah satunya menjadi lebih kuat.

Berbagai Contoh Lembar Pengesahan

Setelah mengetahui struktur penulisan lembar pengesahan, dan juga apa saja fungsinya dari pembuatan lembar pengesahan, sekarang kamu bisa melihat beberapa contoh yang bisa dijadikan pedoman untuk pembuatan lembar pengesahan. 

Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa kamu jadikan pedoman pembuatan lembar pengesahan. Contoh di bawah ini merupakan contoh lembar pengesahan proposal, laporan praktikum, laporan kegiatan PKL, penelitian, karya ilmiah, skripsi, tesis, disertasi, laporan KKN, makalah, dan proposal usaha. 


1. Contoh Lembar Pengesahan Proposal 

LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL

Judul: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction(PBI) Dan Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Ekosistem (Penelitian Tindak Kelas Pada siswa Kelas VIISMP Negeri 1 Nanggung)

Penulis: Imal Muzammil 

NPM: 036109005

Disetujuai Oleh

Pembimbing I


Dr. Surti Kurniasih, M.SiNIP. 1958801301979031002
Pembimbing II


Dadang Jaenudin, M.SiNIP. 1030309414
Diketahui Oleh:Ketua Program Studi



Pendidikan Biologi,Dr. Surti Kurniasih, M.SiNIP. 195880130197903100


2. Contoh Lembar Pengesahan Laporan Praktikum 

LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING

Program Penjualan Pada Aksa Market Dengan Menggunakan Visual Basic 6.0

Yang Dipersiapkan Dan Disusun Oleh,

Wahyuni Aksa Jumiati

(1510128425053)

Telah Disetujui Oleh Dosen Pembimbing Pada Tanggal 15 Oktober 2015

KA.Laboraturium     Dosen Pembimbing,

                   

Herman, ST                 Muhammad Imam Suja’i,S.Kom.


3. Contoh Lembar Pengesahan Laporan Kegiatan PKL 

LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING

Judul Laporan: Penanganan Dokumen Kantor dan Data Desa di Balai Desa Bulukarto

Disusun oleh:  Sofiyanti

Laporan ini telah disetujui dan disahkan sebagai Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Yapema 2018/2019.

Bulukkarto, 7 November 2018

Guru Pembimbing Prakerin                      Siswa Peserta Prakerin

Ahmad Ghozali                                               Sofiyanti

Mengesahkan,

Kepala Sekolah                                                                                     Ketua Kompetensi Keahlian

Asnawi Yohanna Widianto


4. Contoh Lembar Pengesahan Penelitian 

Lembar Pengesahan Proposal Usaha Kue Kelepon (KK Delicious)

Disusun oleh,

Nama: Amanda Siti Rahayu

NIS: 134567

Kelas: XI IPS 7

Telah diujikan dan dipersentasikan di depan pembimbing.

Mengetahui,

Pembimbing,                                           Kepala SMAN 7 Surakarta

 Ilyasa Morally                                                              Roberto


5. Contoh Lembar Pengesahan Karya Ilmiah 

Penjelasan: Lembar pengesahan karya ilmiah dibuat oleh orang yang membuat suatu karya. Tujuan pembuatan karya ilmiah bermacam-macam, seperti untuk syarat kelulusan mata kuliah, tugas sekolah, atau untuk mengikuti perlombaan. Pada lembar pengesahan karya ilmiah terdapat penjelasan mengenai judul yang ditulis dan tanggal disetujuinya karya tersebut. Pihak yang menyetujui adalah pembimbing dan kepala sekolah atau pimpinan.


6. Contoh Lembar Pengesahan Skripsi 

HALAMAN PENGESAHAN

KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA DAN ORGANOLEPTIK FRUIT LEATHER KWENI (Mangifera odorata Griffith) DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour)

SKRIPSI

Diajukan untuk Melengkapi Salah Satu Syarat Memperoleh 

Gelar Sarjana Teknologi Pertanian pada Fakultas Pertanian 

Universitas Sriwijaya

Oleh :

HUMISAR P. PANJAITAN

05081007046

    Indralaya,      Agustus 2014

Pembimbing I Pembimbing II

Prof. Ir. Filli Pratama,   Ir. Nura Malahayati, M.Sc. Ph.D

NIP. 19660630 199203 2 002               NIP. 19620108 198703 2 0021

Mengetahui,

Dekan Fakultas Pertanian

Dr. Ir. Erizal Sodikin

         NIP. 19600211 198503 1002


7. Contoh Lembar Pengesahan Tesis 

UJIAN AKHIR TESIS

Analisis Pengaruh Remunerasi terhadap Kinerja Pegawai pada Tenaga Kependidikan

Tetap Non Pegawai Negeri Sipil (Non PNS) di Lingkungan Kantor Pusat Universitas

Brawijaya

Oleh:

Siti Unun Fatayati

NIM. 136030302111002

KOMISI PEMBIMBING

KETUA


Prof. Dr. Abdul Juli Andi Gani, MSNIP. 19540704 198103 1 003
ANGGOTA


Dr. Imam Hanafi, M.SiNIP. 19691002 199802 1 001
MENGETAHUI

Dr. Bambang Santoso Haryono, MSNIP. 19610204 198601 1 001

8. Contoh Lembar Pengesahan Disertasi 

LEMBARAN PENGESAHAN

Judul Penelitian : _______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________

Nama Mahasiswa : ____________________________

NIM : ____________________________

Program Studi : S3    ________________ 

Disertasi ini telah diuji dan dipertahankan dihadapan panitia ujian akhir Doktor pada Program Pascasarjana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas dan dinyatakan lulus pada tanggal   ……

Menyetujui:

Komisi Pembimbing

      Ketua


       _______________       NIP.
          Anggota 1


         _________________           NIP.
      Anggota 2


     _________________      NIP.




Ketua Jurusan  …….


________________NIP.

                      Kaprodi S3 …….


   _________________                                NIP. 

Dekan FMIPA

Prof. Dr. Mansyurdin

NIP. 19600213 198703 1005


9. Contoh Lembar Pengesahan Laporan KKN 

LEMBARAN PENGESAHAN

PESERTA KELOMPOK KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Laporan KKN PAR (Participatory Action Research) Desa Krasak Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes ini telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan dipresentasikan di hadapan penguji pada tanggal…………….., serta dilakukan beberapa pertimbangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Disahkan pada…………………. 2018

Dosen Pembimbing                                                Ketua

Dr. Sugiarto, S.H, M.H                          Sofiyatun Nur Khasanah

NIP.                                                                     NIM 1415202100

Pada lembar penulisan lembar pengesahan laporan KKN yang perlu dituliskan adalah bagian atas lembar pengesahan ditebalkan (bold) kemudian penulisan paragraf yang berisi bahwa laporan KKN telah disetujui oleh pembimbing. Disertai dengan tanggal pengujian lalu bagian bawah terdapat bagian pengesahan yang ditandatangani oleh pihak-pihak terkait. 

10. Contoh Lembar Pengesahan Makalah 

LEMBARAN PENGESAHAN

N A M A : EKA ARIS SETYAWAN

N I S : 5731

K E L A S : XI A1

J U R U S A N : IPA

JUDUL MAKALAH : SAFARI BROWSER

Telah diperiksa dan disahkan

Pada tanggal:

——————————

Guru Pembimbing

S u s a n t o, S.Kom

Dalam lembar pengesahan makalah, pada bagian atas diberi judul Lembar Pengesahan yang ditulis tebal (Bold) kemudian identitas peserta, mulai dari nama, nomor induk, kelas, jurusan. Kemudian disusul dengan keterangan telah diperiksa dan disahkan pada tanggal berapa. Kemudian tanda tangan guru pembimbing. 


11. Contoh Lembar Pengesahan Proposal Usaha 

LEMBARAN PENGESAHAN

1. Judul Kegiatan : 

2. Bidang Kegiatan : 

3. Ketua Pelaksana Kegiatan 

  1. Nama Lengkap :
  2. NIM : 
  3. Jurusan : Teknologi Industri pertanian 
  4. Universitas/Institut/Politeknik : Universitas Brawijaya 
  5. Alamat Rumah dan No Tel./HP : 
  6. Email: 

4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis: Orang 

5. Dosen Pendamping 

  1. Nama Lengkap dan Gelar: 
  2. NIDN/NIDK: 
  3. Alamat Rumah dan No Tel./HP: 

6. Biaya KegiatanTotal: 

7. Jangka Waktu Pelaksanaan:  Bulan 

Menyetujui,

Ketua Jurusan Teknologi Industri Pertanian(………………………………………..)

NIP. ……., …………..
Ketua Pelaksana Kegiatan (…………………………………)

NIM………..

Dalam penulisan lembar pengesahan proposal, pada bagian atas diberi judul Lembar Pengesahan yang ditulis tebal (Bold) kemudian identitas peserta, mulai dari nama, nomor induk, kelas, jurusan. Kemudian disusul dengan keterangan berapa peserta yang mengikuti. Lalu nama dosen pendamping, kemudian biayan kegiatan total dan jangka waktu pelaksanaan. Di bagian akhir ada keterangan telah diperiksa dan disahkan pada tanggal berapa. Kemudian persetujuan yang ditanda tangani oleh ketua jurusan dan ketua pelaksana kegiatan.  

12. Contoh Lembar Pengesahan Laporan Study Tour 

Contoh Lembar Pengesahan Laporan Study Tour Ke Jogja – Cute766Contoh lembar pengesahan study tour juag tidak berbeda dengan lembar pengesahan lainnya. Pada bagian atas tertulis lembar pengesahan yang dicetak tebal, kemudian disusul dengan kalimat yang berisi bahwa judul laporan study tour telah selesai ditulis dan disahkan pada tanggal yang ditentukan. Kemudian keterangan menyetujui dari pihak terkait, seperti ketua OSIS, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah. 

Artikel Terkait:

Contoh Halaman Persembahan 

Cara Menulis Abstrak Skripsi 

Mengubah Skripsi Menjadi Buku

Tipikal Dosen Saat Menguji Skripsi 


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!