⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

9 Ciri-Ciri Buku Ilmiah Berkualitas

ciri-ciri buku ilmiah berkualitas

Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas. Kemajuan teknologi dan informasi saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa akan buku referensi yang baik dan bermutu. Akademisi saat ini membutuhkan ciri-ciri buku ilmiah berkualitas.

Adanya upaya melakukan browsing dan download buku referensi secara online di internet tidak bisa menjamin mahasiswa menemukan buku referensi yang bermutu. Di internet, mahasiswa tidak bisa menemukan ciri-ciri buku ilmiah berkualitas.

Bagi mahasiswa yang ingin memperoleh ciri-ciri buku ilmiah berkualitas, harus rela membayar dengan harga yang mahal.

Padahal peran buku referensi atau buku ilmiah seharusnya bisa membantu mempermudah mahasiswa memahami materi perkuliahan karena buku referensi tak hanya jadi sumber belajar tetapi juga jadi pedoman dan arahan bagi mahasiswa dalam menguasai materi perkuliahan.

Selain buku bahan ajar, pada proses belajar mengajar di perguruan tinggi biasanya membutuhkan ciri-ciri buku ilmiah berkualitas. Biasanya buku ilmiah dijadikan referensi bagi mahasiswa dan sebagai bahan kajian untuk perkuliahan. Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas juga pasti dijadikan rujukan dalam penelitian.

Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas biasanya mengikuti alur dan struktur logika bidang keilmuan (scientific oriented) dan disusun berdasarkan hasil penelitian yang relevan di bidang keilmuannya.

Agar tidak salah referensi dan mendapat buku sesuai dengan kriteria, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Buku Ilmiah Berkualitas

Berikut 9 Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas yang perlu Anda ketahui:

1. Tema yang Cocok dengan Target Pembaca

tema cocok dengan target

Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas adalah yang temanya sesuai dengan yang dibutuhkan pembaca. Ada kesepadanan antara informasi yang dimuat dan penulis yang memiliki otoritas keilmuan (kepakaran) di bidang yang sama.

Terlibatnya penulis dalam menulis buku yang sesuai dengan keahliannya tentu menjadikan buku ilmiah berkualitas bisa dipercaya dan sesuai dengan yang dibutuhkan pembaca.

2. Isi Buku Informatif Sesuai Disiplin Ilmu

Di dalam buku ilmiah terdapat informasi sesuai dengan yang tertulis dalam judul dan sesuai dengan yang dicari oleh pembaca. Jika pembaca merupakan mahasiswa jurusan Hukum yang ingin mencari referensi terkait Hukum Perundang-undangan, maka buku yang dicari juga harus relevan.

Isi bukunya pun harus sesuai dengan bahan yang dicari mahasiswa jurusan Hukum tersebut. Di mana di dalamnya dimuat berbagai informasi penting terkait Hukum Perundang-undangan dan disiplin ilmu yang relevan.

Baca Juga:

3. Bersifat Dekoratif, Kohesi, dan Objektif

Ciri buku ilmiah berkualitas juga harus bersifat dekoratif. Artinya penulis harus menggunakan istilah atau kata yang memiliki satu makna. Penulis juga harus rasional saat menonjolkan keruntutan pikiran yang logis dan kecermatan penelitian. Dua hal di atas penting agar maksud dan informasi pada buku tersebut bisa tersampaikan.

Buku ilmiah juga harus mengandung kesinambungan antar bagian dan bab. Buku harus bersifat straightforward dan tidak bertele-tele sehingga tepat sasaran, karena buku ilmiah berkualitas setiap bagian atau babnya harus memiliki alur logika yang saling berhubungan dan penyampaiannya tepat sasaran.

Ciri-ciri buku ilmiah juga harus objektif dan tidak dibuat berdasarkan perasaan penulisnya. Di dalam buku, harus terkandung fakta-fakta dan data-data dari hasil analisis, sehingga tidak memiliki sifat subjektivitas.

4. Isi Buku Runtut dengan Bahasa Terstruktur

Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas selanjutnya yakni isi yang runtut dan menggunakan bahasa terstruktur.

Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas mengandung hasil pemikiran dan referensi yang jelas serta bisa dipertanggungjawabkan. Buku ilmiah berkualitas juga harus menyampaikan pesan yang dapat diterima pembaca sesuai informasi yang dimiliki.

Penyusunannya tidak asal-asalan karena menyusun buku yang memiliki ciri buku ilmiah berkualitas harus sesuai aturan dan kriteria khusus yang harus dipenuhi, yakni disesuaikan dengan alur logika atau urutan keilmuan. Misalnya, buku tersebut ada penentuan kasus atau topik, disusul dengan ilustrasi dan penjelasan lengkap.

Bahasa yang digunakan di dalam buku tersebut juga terstruktur. Bahasa yang digunakan pada buku ilmiah berkualitas biasanya baku dan memenuhi aspek penulisannya sesuai dengan aturan baku yang sesuai dengan Pedoman Ejaan Umum Bahasa Indonesia (PUEBI).

Selain sesuai dengan PUEBI, bahasa yang digunakan juga harus mudah dipahami dan tidak berbelit-belit. Ketidakbakuan penulisan buku ilmiah atau karya ilmiah hanya membuat pembacanya bingung dan tidak memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis buku.

Buku ilmiah berkualitas juga menggunakan kalimat efektif dengan tujuan agar pembaca tidak dipusingkan dengan penggunaan kalimat berputar-putar yang membuat pembaca bingung.

5. Referensi Jelas dan Up to Date

Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas harus menyajikan referensi yang jelas dan informasi up to date. Di dalam buku ilmiah berkualitas harus terdapat rujukan-rujukan dari berbagai pakar, penulis, atau penelitian terdahulu yang relevan.

Informasi yang disajikan pada buku ilmiah berkualitas sudah terbukti mutakhir dan lengkap membahas satu bidang ilmu secara khusus. Biasanya, berisi juga kaidah keilmuan atau istilah-istilah akademik yang dikuasai oleh penulis atau penelitian yang relevan.

Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa peneliti dan penulisnya memiliki kapabilitas pada bidang kajian yang dibahas di dalam buku ilmiah tersebut. Nantinya, penggunaan kaidah atau istilah ilmiah jadi takaran seberapa valid informasi yang disampaikan peneliti atau penulis di bidang keilmuannya.

Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas juga harus memuat analisis yang tajam dan mendalam saat menguraikan pesan-pesan dan informasi kepada pembaca.

6. Memiliki Sampul Buku dengan Kriteria Cover yang Baik

ciri-ciri buku yang baik dengan memerhatikan kriteria cover

Tak hanya isi buku, sampul buku untuk memenuhi ciri-ciri buku ilmiah berkualitas harus sesuai dengan kriteria. Sampul pada buku ilmiah berkualitas harus memuat kumpulan informasi yang terkandung dalam sebuah buku dengan pembagian di bawah ini:

a. Sampul depan

Sampul depan mencakup judul buku, nama penulis, dan lembaga penerbitan. Ciri buku ilmiah berkualitas pada sampul depan atau sampul luar memberi informasi terkait sinopsis, baik mengenai isi buku maupun daftar riwayat hidup singkat penulis.

Penempatan halaman judul berfungsi sebagai sampul utama buku yang terbuat dari berbagai bahan dilengkapi ragam tata letak (layout) dan estetika.

b. Sampul dalam

Sampul dalam isinya lebih terperinci dengan mencantumkan yang sudah tercantum di sampul depan. Terdapat pula tambahan informasi nama editor atau dewan editor, lembaga, kota, tahun penerbitan, jumlah halaman, dan beberapa informasi lainnya.

7. Terbebas dari Plagiarisme

Ciri-ciri buku ilmiah yang baik salah satunya harus terbebas dari plagiarisme. Plagiarisme adalah pengambilan karangan atau tulisan atau karya orang lain yang menjadikan karya tersebut seolah-olah karangan atau pendapatnya sendiri.

Sehingga buku ilmiah berkualitas harus ditulis atau diciptakan berdasarkan kompilasi berbagai referensi atau penelitian yang telah dilakukan baik oleh penulis maupun peneliti terdahulu. Penulisan buku ilmiah berkualitas harus disertai kutipan tidak langsung dan dapat diwujudkan dalam tiga bentuk, yakni parafrase, meringkas, atau menyusun simpulan.

Biasanya, buku ilmiah dilengkapi dengan catatan kaki, catatan akhir, dan daftar pustaka atau bahkan menyertakan index agar referensi buku ilmiah tersebut bisa dibuktikan dan tidak menimbulkan aspek plagiarisme.

Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas juga mengandung indeks dan bibliografi yang kemudian menjadi alat untuk temu kembali suatu referensi. Dari situ, pembaca bisa menelusur informasi yang diperlukan di dalamnya secara tepat dan akurat dan membantu menemukan sumber rujukan yang asli dari ciri-ciri buku ilmiah berkualitas.

Baca Juga:

8. Terkualifikasi oleh Tim Reviewer Profesional Sesuai Disiplin Ilmu

Ciri-ciri buku ilmiah berkualitas yakni sudah terkualifikasi oleh tim reviewer profesional sesuai disiplin ilmu yang relevan. Artinya, buku ilmiah tersebut sudah diperiksa dan sesuai dengan standar buku ilmiah yang acuannya sudah diatur.

Nantinya, ciri-ciri buku ilmiah berkualitas dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan dan dalam memenuhi substansi dengan detail dan lengkap yang melibatkan beberapa penulis dari disiplin ilmu yang sama.

9. Dipublikasikan dengan ISBN

Ciri buku ilmiah berkualitas selanjutnya yakni harus sesuai dengan standar publikasi, yakni harus sesuai dengan International Standard Books Number (ISBN) yang kemudian dapat diedarkan secara luas kepada masyarakat.

Artikel Terkait:


Apakah Anda sedang atau ingin melakukan cara membuat buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silahkan isi data diri Anda di : Daftar Menjadi Penulis Buku

Jika Anda Membutuhkan Referensi Tambahan, Kami Menyediakan EBOOK GRATIS yang Spesial Kami Persembahkan untuk Anda. Adapun Macam Ebook yang Bisa Anda Download sebagai Berikut:

Ebook : Cara Praktis Menulis Buku

Ebook : Rahasia Menulis Buku Ajar

Ebook : Self Publishing

Ebook : Pedoman Menulis Buku Tanpa Plagiarisme

Ebook : Strategi Jitu Menulis Buku Monograf

Ebook : Cerdas Menulis Buku Referensi

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama