Pengertian Audiobook. Belakangan audiobook menjadi salah satu trend yang banyak digunakan oleh akademisi. Pasalnya audiobook dirasa lebih praktis penggunaannya.

Ingin tahu cara membuat dan contoh audiobook? Simak selengkapnya di artikel ini ya!

Pengertian Audiobook

Apa pengertian audiobook? Audiobook atau yang dalam bahasa Indonesia artinya audio buku. Pengertian audiobook berasal dari dua kata, audio yang artinya suara, dan book yang artinya buku. Sehingga pengertian audiobook adalah buku yang dibuat dalam bentuk suara. Biasanya, audiobook berupa teks buku atau bahan tulisan yang dibacakan oleh penyuara.

Teks buku yang dibacakan secara lengkap disebut sebagai buku audio lengkap atau dalam bahasa Inggris ‘unabridged’, sedangkan teks yang pembacaannya dibatasi atau dikurangi disebut sebagai buku audio singkat atau dalam bahasa Inggris adalah ‘abridged’.

Setelah mengetahui pengertian audiobook, kini perlu diketahui bahwa audiobook sudah tersedia di berbagai sekolah dan perpustakaan umum sejak tahun 1930-an. Audiobook biasanya direkam dalam bentuk kaset, CD audio, CD MP3, dan lain sebagainya. Audiobook juga biasanya bisa diunduh di internet.

Tujuan pengertian audiobook yang utama adalah alat yang digunakan sebagai alat bantu penyandang disabilitas seperti tunanetra dan tunadaksa. Seiring berkembangnya zaman, saat ini audiobook atau buku audio juga dinikmati oleh orang normal karena pengertian audiobook di zaman saat ini dirasa lebih memudahkan masyarakat.

Melalui audiobook, masyarakat bisa tetap memahami isi buku tanpa harus membacanya. Masyarakat bisa memahami pengertian audiobook yang hendak ia nikmati dan bisa diputar di ponsel, tape mobil, dan lebih mudah diakses di berbagai tempat tanpa perlu meninggalkan aktivitas yang lain.

Pengertian audiobook biasanya berisi isi dari buku yang diucapkan. Meskipun tidak secara gamblang isi di dalam bukunya dibacakan sama persis, tetapi audiobook selalu diolah dengan sekreatif mungkin agar tidak membuat pendengar bosan. Pengolahan kata yang digunakan juga dibuat sekreatif mungkin agar pendengar bisa menikmati.

Pengertian audiobook yang berisi rekaman suara disajikan lengkap dengan musik digital atau bahkan video. Masyarakat saat ini bisa menikmati audiobook dengan membeli dari toko buku online, mengunduh di internet, dan bahkan aplikasi di ponsel pun sudah banyak yang menyediakan audiobook, salah satunya Spotify.

Sejarah Audiobook

Setelah memahami mengenai pengertian audiobook, kini mundur ke belakang mengenai bagaimana sejarah audiobook. Sejak 1877, Thomas Alva Edison sudah mulai menemukan fonograf atau perekaman ucapan. Ucapan pertama yang saat itu direkam melalui fonograf adalah “Mary Had a Little Lamb” yang diucapkan sendiri oleh Edison.

Kemudian pada tahun 1878, Royal Institution Britania Raya mulai mendemonstrasikan pengucapan kalimat “Hey Diddle Diddle, the Cat and the Fiddle” dan bait puisi Tennyson ke dalam fonograf. Sejak saat itulah, ditandai sebagai awal dimulainya penggunaan teknologi rekam untuk kepentingan sastra lisan.

Penggunaan Audiobook

Pengertian audiobook yang sudah mulai diakses oleh seluruh masyarakat ini saat ini akan jadi lebih mudah diakses, mengingat perkembangan zaman yang semakin maju baik pada sarana komunikasi maupun teknologinya.

Sehingga audiobook saat ini bisa dinikmati, baik dari ponsel, MP3, internet, dan masih banyak lagi masyarakat bisa lebih mudah mengakses audiobook. Terlebih saat ini masyarakat sudah mulai memahami pengertian audiobook dan mulai menggunakannya untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca.

Manfaat Audiobook

Manfaat dari pengertian audiobook ini ternyata tak hanya memudahkan membaca bagi penyandang tunanetra dan tunadaksa. Kini, manfaat audiobook menjadi lebih luas. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana manfaat audiobook untuk masyarakat tertentu dan secara umum.

1. Pengertian audiobook sebagai sarana yang memudahkan tunanetra dan tunadaksa mengetahui isi di dalam suatu buku.

2. Audiobook dijadikan media selain huruf braille untuk menyampaikan isi buku kepada penyandang tunanetra.

3. Pengertian audiobook ini akan lebih sederhana dan praktis untuk dapat dibawa ke mana saja, daripada harus membawa buku.

Baca Juga: 

20 Tips Membangun Kebiasaan Menulis agar Lebih Konsisten

20 Kegunaan Buku yang Bisa Mengubah Hidupmu

Contoh Review Buku Lengkap dengan Penjelasannya

Apa itu Ghost Writer? 

23+ Situs yang Membayar Penulis Lepas

Aplikasi Audiobook Gratis

Lalu di mana saja kita bisa memahami pengertian audiobook dan bisa menggunakan audiobook ini? Audiobook bisa diakses salah satunya melalui aplikasi yang ada di ponsel pribadi. Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi aplikasi audiobook gratis yang bisa diakses.

1. Material Audiobook Player

Aplikasi Material Audiobook Player ini bisa dinikmati bagi masyarakat yang sebelumnya sudah mengetahui pengertian audiobook dan ingin menikmati audiobook. Material Audiobook Player bisa diunduh dari Play Store di Android secara gratis tanpa harus membayar sepeser pun.

Fitur yang terdapat di dalam Material Audiobook Player juga bisa dibilang sudah cukup lengkap. Akan tetapi, memang aplikasi Material Audiobook Player tidak memiliki fitur selengkap aplikasi audiobook berbayar. Meski demikian, Material Audiobook Player sudah memiliki desain interface yang memiliki gaya material desain yang bersih dan modern.

2. Nook Audiobooks

Sama dengan Material Audiobook Player, Nook Audiobooks ini juga bisa diunduh di Android secara gratis. Bagi masyarakat yang ingin menikmati pengertian audiobook ini dengan lebih mudah, Nook Audiobook bisa jadi solusinya.

Nook Audiobook menyediakan berbagai ragam koleksi audiobook dengan sistem jual beli konvensional. Sehingga bila ingin menggunakan aplikasi audiobook ini di Android, pembaca harus membeli dulu audiobook yang diinginkan dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Hingga saat ini, setidaknya ada lebih dari 50.000 koleksi audiobook yang tersedia.

3. LibriVox

Pengertian audiobook juga bisa dinikmati secara gratis melalui aplikasi LibriVox. Pengguna bisa mengunduh aplikasi LibriVox melalui Google Play Store yang tersedia di Android. Berbagai judul buku yang memiliki fitur antarmuka bisa sangat mudah dinikmati dan tersedia di LibriVox secara gratis.

Ada berbagai judul buku terkenal dan bisa diakses secara gratis di LibriVox, misalnya The Jungle Book, Robin Hood, Peter Pan, Petualangan Alice di Negeri Ajaib, Perang Dunia, Sherlock Holmes, Frankenstein, sampai Great Expectations tersedia di LibriVox dan bisa dinikmati tanpa harus membayar sepeser pun.

Untuk menikmati buku favorit di LibriVox, pendengar hanya cukup menyentuh thumbnail buku dan menyentuh tombol putar yang berwarna kuning. Pendengar kemudian bisa mendengarkan secara streaming atau online atau bisa mengunduh terlebih dulu judul audiobook pilihannya dan didengarkan di kemudian hari.

Tak hanya buku berat bagi remaja dan dewasa, pengertian audiobook pada LibriVox ini lebih luas karena tersedia juga berbagai jenis buku, mulai dari audiobook anak-anak, dan sebagainya.

4. Audiobooks by Audibook.com

Berbeda dengan tiga yang lainnya, kali ini ada situs audiobook gratis yang bisa dinikmati yaitu Audiobooks. Setelah memahami pengertian audiobook dan ingin menikmatinya, aplikasi Audiobooks bisa jadi pilihan yang tepat. Audiobooks bisa dinikmati secara gratis maupun berbayar, tergantung koleksi yang akan dipilih oleh pendengar.

Situs audiobooks menyediakan sekitar 100.000 buku audio premium, dan 7.000 di antaranya bisa diakses secara gratis. Setiap minggunya, Audiobooks akan menambahkan ratusan judul buku baru ke dalam katalognya sehingga koleksinya akan makin beragam.

Audiobooks juga bisa dinikmati di aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store milik Android maupun App Store milik iOS. Di aplikasi Audiobooks, pendengar bisa menikmati kualitas audio high definition dengan pilihan untuk memutar kembali dan mengatur berapa kecepatan narasi audiobook pilihanmu.

5. Google Playbooks

Tidak hanya ebook, Google Playbooks juga menyediakan berbagai judul audiobook yang bisa dinikmati dan didengarkan. Dengan mengunduh Google Playbooks di Android atau iOS, maka masyarakat sudah bisa mendapatkan beberapa judul audiobook pilihan secara gratis.

Sejak 2018 silam, Google resmi luncurkan audiobook menjadi bagian yang terdapat di dalamnya untuk memudahkan pengguna memahami buku tanpa harus membacanya. Selain audiobook, di dalam Google Playbooks juga tersedia berbagai macam konten digital, mulai dari ebook, textbook, dan berbagai komik yang sudah terintegrasi di dalam Google Play Book.

Pengertian audiobook ini juga akan lebih mudah diakses hanya dengan masuk menggunakan akun Google pribadi dan mencari buku yang sedang ingin dinikmati dan didengarkan. Lebih praktis, cepat, dan mudah.

6. Librophile

Selain aplikasi audiobook, pengertian audiobook akan lebih mudah diakses juga melalui berbagai website gratis audiobook. Salah satunya melalui website Librophile. Di dalam Librophile, tersedia berbagai koleksi audiobook mulai dari cerita fiksi, dongeng, cerita rakyat, dan masih banyak lagi.

Kita bisa menikmati berbagai judul audiobook di Librophile hanya dengan mengunduh dengan memilih pilihan download dan kemudian mengganti format .zip menjadi .mp3.

7. Ejunto

Selain Librophile, website gratis audiobook untuk bisa lebih memahami dan menikmati pengertian audiobook adalah Ejunto. Ejunto berisi tentang audiobook biografi, sejarah, dan lain sebagainya. Caranya juga mudah, hanya dengan mengunduh judul yang dipilih, maka sudah bisa menikmati audiobook dari Ejunto.

Baca Juga:

Cara Membuat Audiobook

Bagi yang sudah memahami pengertian audiobook dan ingin mencoba membuat audiobook, tak ada salahnya. Masyarakat ternyata memang bisa membuat audiobook jika memiliki minat mengenai audiobook dan ingin membuat pengertian audiobook versinya sendiri dengan cara mudah.

Ada tiga langkah utama yang bisa dilakukan saat membuat audiobook bagi yang sudah lebih dulu memahami pengertian audiobook. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat audiobook.

1. Brainstorming

Langkah pertama dalam membuat audiobook adalah dengan brainstorming. Pengertian audiobook akan lebih mudah disampaikan ketika pembuat audiobook sudah lebih dulu menentukan materi yang akan disajikan kepada pendengar. Pembuat audiobook juga harus memerhatikan beberapa aspek dari audiobook.

Berbagai aspek yang harus diperhatikan setelah mengetahui pengertian audiobook dan ingin membuatnya adalah isi dari audiobook dan menentukan bentuk penyajian audiobook, berupa teori atau cerita. Setelah itu, baru buatlah naskah yang meliputi seluruh audiobook.

Naskah untuk audiobook dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Penulis naskah juga bisa menulis naskah dengan membagi beberapa sub-sub bab yang ada jika penyajiannya dengan bentuk teori atau beberapa bab di dalam sebuah naskah.

Usahakan naskah dapat terasa hidup ketika dibaca oleh pengisi suara. Naskah juga harus interaktif sehingga audiobook yang nantinya dibuat tidak membuat pendengarnya bosan. Tentukan juga siapa pengisi suara yang memang cocok untuk membacakan audiobook yang akan dibuat.

2. Merekam Suara

Langkah membuat audiobook setelah memahami pengertian audiobook selanjutnya yakni dengan merekam suara. Proses perekaman suara bisa dilakukan dengan berbagai media perekam. Pembuat bisa masuk ke dapur rekaman, atau bahkan menggunakan alat rekam yang ada misalnya recorder, atau menggunakan aplikasi atau fitur recorder di ponsel.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses merekam suara, di antaranya:

a. Fasilitas

Fasilitas merekam suara memengaruhi proses perekaman suara dan berbagai strategi yang dilakukannya. Misalnya jika kita bisa masuk dapur rekaman, kita akan lebih mudah terbantu dengan berbagai kecanggihan fasilitas di dapur rekaman. Tetapi bagi pemula yang tidak memiliki biaya, pastikan alat rekamnya memang dalam keadaan baik.

b. Perekaman

Untuk mendapatkan suara yang jernih dan bagus, lakukan hal terbaik saat merekam, mulai dengan menggunakan volume suara yang tepat, perhatikan intonasinya, pemilihan kata dan pemilihan jeda saat berbicara.

c. Evaluasi

Jangan lupa untuk mendengarkan lagi rekaman yang sudah dibuat, kira-kira apakah suaranya sudah patut untuk disajikan, atau terdapat beebrapa kesalahan misalnya adanya kebocoran suara, salah ucap, dan lain sebagainya. 

3. Editing

Setelah selesai merekam suara untuk audiobook, pastikan periksa dan edit suara hasil rekamannya. Kemudian kita baru bisa menggabungkan berbagai potongan suara dan memotong bagian mana yang sekiranya tidak diperlukan. Setelah itu, jadikan audiobook menjadi satu kesatuan yang utuh.

Dalam proses editing untuk membuat pengertian audiobook menjadi lebih baik, kita bisa menambahkan suara tambahan seperti efek maupun latar belakang suara agar audiobook terasa hidup dan menarik.

Baca Juga:

Contoh Audiobook

Jika masih bingung kira-kira pengertian audiobook yang akan kita nikmati cocok atau tidak, maka akan diberikan beberapa rekomendasi contoh audiobook yang cocok bagi pendengar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengertian audiobook ini menjadi lebih luas karena tak hanya bisa dinikmati oleh tunanetra dan tunadaksa.

Saat ini, sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi, masyarakat umum biasa juga bisa menikmati audiobook dan bahkan mereka memiliki minat yang tinggi untuk menikmati audiobook dibandingkan harus membaca bukunya. Mengakses audiobook juga lebih mudah lagi karena bisa dinikmati melalui aplikasi atau website yang tersedia.

Menikmati audiobook ini juga tidak ada salahnya dan sama saja mendapatkan manfaat dari membaca buku. Terlebih bagi beberapa kalangan, audiobook ini akan sangat bermanfaat. Misalnya, bagi seseorang yang memang sedang mendalami masalah bisnis, mereka bisa menikmati pengertian audiobook melalui judul yang temanya mengenai bisnis.

Berikut ini, beberapa contoh dan rekomendasi audiobook terbaik yang bisa dinikmati sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

1. Pengusaha

Untuk pengusaha, ada beberapa audiobook bisnis yang bisa dinikmati, salah satunya Pitch Anything yang ditulis oleh Oren Klaff. Audiobook ini mengupas mengenai cara memajukan ide startup, mengasosiasikan kenaikan gaji, meyakinkan orang membeli dan menggunakan produk yang dimiliki, dan masih banyak lagi ilmu mengenai dunia bisnis.

2. Penentu Tujuan

Bagi yang masih bingung bagaimana menentukan tujuannya, ada beberapa audiobook yang bisa dinikmati, salah satunya 4 Disciplines of Execution yang ditulis oleh Chris McChesney, Sean Covey, & Jim Huling. Buku ini berisi mengenai cara terbaik untuk berhasil dalam tujuan hidup.

Audiobook ini disajikan dalam bentuk format audio berdurasi 8 jam 27 menit yang menceritakan mengenai pentingnya fokus dalam bertindak berdasarkan saran terbaik dan bagaimana cara mengukur keberhasilan, dan meningkatkan akuntabilitas. Pembaca juga akan belajar menyeimbangkan tugas sembari mengawasi hadiah besar, dan lainnya.

3. Ringan

Jika ingin menikmati pengertian audiobook yang ringan, salah satu rekomendasi audiobook yang bisa dinikmati yakni The Power of Body Language yang ditulis Tonya Reiman. Tonya Reiman menceritakan bagaimana berbagai keterampilan yang sering diremehkan di dalam dunia bisnis ternyata berpengaruh besar pada kehidupan.

Audiobook ini dinilai sangat ringan karena bisa didengarkan bahkan sekalipun sedang di dalam perjalanan.

4. Nasihat yang Tidak Konvensional

Salah satu rekomendasi audiobook yang berisi mengenai nasihat yang tidak konvensional bisa dipahami dengan memahami pengertian audiobook melalui buku The Virgin Way oleh Richard Branson. Audiobook ini berisi mengenai seseorang yang membangun sebuah maskapai penerbangan.

Tentu ceritanya menarik karena orang yang membangun maskapai penerbangan ini sebelumnya sudah membangun berbagai perusahaan mulai dari telepon seluler, perusahaan rekaman, dan bahkan memiliki pulau pribadi hanya untuk mengumpulkan miliaran dolar kekayaan.

Tapi, penulis juga menyajikan bagaimana perjuangan masa kecilnya yang harus putus sekolah dengan disleksia yang dimilikinya tetapi berhasil memiliki bisnis yang berada di puncaknya di kemudian hari.

5. Motivasi

Pengertian audiobook dengan contoh koleksi buku mengenai motivasi adalah buku What I Know for Sure oleh Oprah Winfrey. Audiobook ini berisi mengenai cara meningkatkan tingkat kesuksesan melalui pemberdayaan diri. Seorang reporter yang menjadi pembawa acara talk show kemudian menjadi miliarder media.

Artikel Terkait: