Pengertian ebook

Pengertian ebook perlu untuk kita ketahui secara bersama. Di era digital seperti sekarang ini tentu kita tidak bisa menampik bahwa perubahan buku pun juga mengikutinya. Kini kini tidak hanya mengenal buku sebagai buku cetak saja, melainkan juga ebook. Ebook merupakan buku elektronik yang berevolusi.

Buku elektronik (ebook / buku digital) adalah versi elektronik dari buku.

Dilansir dari penerbitbukudeepublish.com, pengertian ebook adalah buku dalam versi digital. Ebook atau elektronik book disebut juga digital book. buku digital menyajikan informasi berupa teks, gambar, video, audio, maupun bentuk multimedia lain yang bisa dibuka melalui laptop, komputer, dan smartphone.

Dibandingkan dengan buku cetak, e-book menawarkan berbagai macam manfaat yang memudahkan kita menimba ilmu dan menambah wawasan. 

Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya ebook tetap sama seperti buku cetak kebanyakan. Hanya saja yang membedakan adalah media yang digunakan. Ebook menawarkan kemudahan untuk membaca. Ebook dikemas dalam file yang mudah dibawa dan tidak dapat disentuh seperti buku cetak.

Karena bentuknya sudah digital, ebook mudah diakses dengan berbagai macam format yang dapat dibuka pada perangkat elektronik seperti PDF, TXT, HTML, XML, Mobi, dan masih banyak lagi.

Format ebook yang paling sering digunakan adalah ebook dengan format PDF. Karena buku elektronik yang berformat PDF dapat kita buka walau perangkat elektronik yang kita gunakan dalam keadaan offline.

Yang membedakan lagi dengan buku cetak biasa yaitu kemudahan dalam membawa dan menyimpan. E-book dapat disimpan dengan mudah di perangkat elektronik kita.

Kapasitas memori sebesar 1 GB sekalipun bisa memuat ratusan e-book. Jika kita punya ratusan buku cetak, sudah pasti kita butuh rak buku yang cukup besar untuk menyimpannya.

Bisa dibilang ebook merupakan salah satu format alternatif dari buku cetak. Yang perlu ditekankan adalah keberadaan ebook bukan menggantikan buku cetak, namun menjadi alternatif lain yang bisa kita pakai untuk membaca.

Perbedaan Buku Cetak dan Ebook

Secara garis besar inilah perbedaan buku cetak dan ebook. 

Buku CetakEbook
Buku konvensional yang ditampilkan secara fisik nyata ,terbuat dari kertas yang telah diolah sebelumnya.Ditampilkan secara elektronik maya dalam bentuk file yang tersedia dalam berbagai macam format ekstensi file ebook, seperti .pdf .mobi .epub dan lain sebagainya.
Bisa didapatkan dengan cara meminjam di perpustakaan umum ,atau yang biasa terdapat di sekolah dan di kampus. Atau juga kalian bisa membelinya di toko-toko buku yang dekat dengan daerah rumah kalian.Ebook bisa kita dapatkan dengan cara mendownload atau mengunduh file yang disediakan oleh situs web atau blog
Untuk dapat membaca buku cetak atau fisik kita harus membeli atau meminjam buku tersebut satu persatu. Jadi jika kita berminat pada 5 buku , maka kita harus membawa dan menyimpan ke 5 buku tersebut.Sedangkan untuk membaca buku digital kita hanya perlu bermodalkan 1 perangkat smartphone ataupun tablet, dengan begitu kita bisa membeli lalu mendownload di toko buku digital yang ada di internet.
Terdapat perbedaan harga baik itu buku digital dengan buku cetak. Jika buku digital penulis atau penerbit hanya bermodalkan 1 file asli buku ,lalu tinggal mengupload dan mempublikasinya di toko buku digital.buku cetak harus melalui proses yang bertahap dari biaya untuk pencetakan lalu pengeditan dan segala macemnya. Dimana selanjutnya didistribusikan ke toko-toko buku, untuk dijual dan dibeli oleh konsumen.
Resikonya jika kita memiliki buku cetak atau fisik, kita harus menjaga dan merawat buku tersebut . Sebab jika buku tersebut hilang atau rusak. Kita pasti bakalan repot membeli buku kembali, yang memerlukan biaya tidak sedikit.Jika perangkat atau file ebook kita hilang , kita bisa mengaksesnya kembali lewat toko buku digital. Jadi pastinya sangat praktis dan mobile , buku digital atau ebook. Kita bisa membaca buku dimana saja kapan saja dengan satu sentuhan.

Baca juga : 6 Alasan Buku Anda Harus Di Buat Versi Ebook

Cara Menulis Ebook

cara membuat ebook interaktif

Sebenarnya jika kita mengulas bagaimana cara menulis ebook itu sama saja ketika kita menulis buku. Sekali lagi, perbedaan hanya pada media publikasinya. Sehingga pada tahap awal pun sebagai penulis kita tetap harus menentukan tema, kemudian menulis naskah hingga disetujui editor, baru kita publikasi dengan media ebook. 

Mengubah naskah menjadi ebook pun sebenarnya ada banyak cara. Mulai dari yang simple, dengan mengubah ke file text/microsoft word kemudian diubah ke  pdf, hingga yang benar-benar niat menggunakan desain yang bagus dan aplikasi lainnya. Mari kita ulas satu-satu langkahnya. 

1. Tulis naskah di teks editor biasa

Jika masih dalam tahap konsep, maka saat Anda mau menulis, Anda dapat pencatatan terlebih dahulu di text editor. Text editor ini bisa macem-macem, saya sih pakainya Notepad di Windows. Anda dapat memilih Notepad karena lebih ringan dan tentu gratis. Daripada pakai Microsoft Word yang terkadang membukanya saja butuh waktu cukup lama.

Ada juga yang menggunakan Evernote untuk menulis. Evernote ini bisa dibuka di beberapa gadget, seperti laptop dan smartphone. Nah, keuntungannya bisa diakses di banyak gadget adalah kita tidak perlu bawa banyak barang untuk menulis.

2. Membuat Kerangka 

Karena pembahasannya luas, maka Anda wajib membuat kerangka ebook agar lebih mudah dalam penulisan.

Selain itu dengan memberikan kerangka-kerangka akan membuat pembaca jadi lebih mudah memahami isi dari ebook yang anda terbitkan. Kerangka ini seperti daftar isi pada buku cetakan, jadi kerangka ini adalah inti dari topik-topik yang sedang anda bahas.

3. Membuat Tipografi dan Desain Layout

Setelah menyelesaikan tulisan untuk ebook, langkah cara membuat ebook selanjutnya adalah dengan mendesain layout. Cara membuat ebook yang ber-layout bagus, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat layout. Seperti Corel Draw, adobe Illustrator, Adobe InDesign, dan aplikasi lainnya. 

Jika ingin lebih simple pun, kalian tidak masalah kok untuk membuat ebook dari fasilitas google slide. Selain dipakai untuk membuat slide, Google Slide ternyata juga bisa buat desain layout ebook.

Alternatif untuk Anda yang terbatas komputernya dan malas install software baru. Cukup buka Google Slide, lalu bikin layout-nya secara online.

4. Simpan sebagai File PDF

Kalau sudah selesai edit-edit tulisan dan bikin tampilan cover ebook kamu keren, tinggal simpan menjadi file PDF. Jika Anda menggunakan Google Slide istilahnya “download as“. Ataupun Anda menggunakan aplikasi lain, pastikan Anda nanti mengubah file menjadi pdf, ya. 

5. Proteksi Ebook

Tentu Anda tidak ingin Ebook Anda kemudian disebarkan dengan cuma-cuma, kan? Pada tahapan ini, Anda tidak akan mem-password file PDF ebook-nya, tapi kita akan compress dalam bentuk zip. Nah, baru deh file zip nya yang di-password.

Caranya dengan install WinRar, kemudian compress file. Kalau sudah ter-install, masuk ke folder dimana file ebook berada. Lalu, klik kanan pada file ebook yang sudah kamu buat, pilih add to archive.

Setelah memilih add to archive, akan keluar jendela baru dari WinRAR. Pilih ekstensi file-nya zip yang biasa digunakan. Jangan lupa, set password-nya juga, supaya tau siapa saja yang bisa membaca ebook Anda.

Selanjutnya baca panduannya berikut ini : Cara Membuat Ebook

Demikian artikel tentang pengertian ebook dan cara membuatnya.  Semoga artikel ini bermanfaat!