Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

9 Format Buku Elektronik yang Perlu Diketahui

Mengenal 9 Format Buku Elektronik yang Ternyata Banyak dan Menarik (1)

Memahami format buku elektronik tentu penting, baik itu untuk pembaca maupun penulis buku elektronik tersebut. Bagi pembaca, format ebook ini bisa menentukan aplikasi pembaca mana yang sebaiknya diinstal ke perangkat. 

Sementara bagi penulis maupun penerbit, pemahaman tentang format buku digital penting untuk menyediakan format yang paling populer. Sehingga memudahkan buku yang dibuat dibaca oleh masyarakat karena sesuai dengan perangkat dan aplikasi baca mereka. 

Apa Itu Buku Elektronik? 

Sebelum masuk ke pembahasan daftar format buku elektronik, maka pahami dulu apa itu buku elektronik. Buku elektronik disebut juga dengan istilah lain seperti ebook, buku digital, dan lain sebagainya. 

Secara umum, buku elektronik adalah buku yang disajikan dalam bentuk elektronik bukan bentuk fisik. Sehingga buku jenis ini tidak melewati proses cetak di media kertas, melainkan dicetak dalam bentuk elektronik. 

Secara tampilan sama persis seperti buku cetak yang memiliki sampul, layout buku lengkap dengan halaman, dan lain sebagainya. Hanya saja buku elektronik ini tidak bisa dibaca tanpa menggunakan perangkat elektronik seperti komputer maupun smartphone. 

Bentuknya yang demikian membuat buku elektronik memiliki format beragam. Format buku elektronik sendiri adalah jenis file dokumen buku elektronik tersebut. Bisa berbentuk PDF, bisa berbentuk HTML, bisa juga dalam format lainnya. 

Format yang berbeda kemudian membutuhkan aplikasi baca yang berbeda. Misalnya, format PDF membutuhkan aplikasi PDF Reader (Pembaca file PDF). Begitu juga dengan format lainnya, meskipun ada satu aplikasi yang bisa membaca beberapa jenis format. 

Baca Juga :

Kelebihan Buku Elektronik 

Buku elektronik awalnya digaungkan sebagai pengganti dari buku cetak konvensional. Namun, seiring berjalannya waktu buku elektronik ini menjadi alternatif atau pilihan lain dari buku cetak konvensional. 

Hal ini berhubungan dengan kelebihan dan kekurangannya, diman secara umum buku elektronik disukai oleh sebagian pembaca bukan seluruhnya. Meskipun begitu, dalam beberapa kondisi penggunaannya menjadi pilihan utama dibanding buku cetak. 

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki buku elektronik, apapun format buku elektronik tersebut: 

1. Praktis Mudah Dibawa 

Tanpa memiliki fisik, buku elektronik menjadi praktis untuk dibawa kemana saja. Cukup disimpan di smartphone atau laptop, maka ketika perlu dibawa ke kantor, kampus, dan lain-lain. Isi bawaan tidak lagi berat. 

2. Ramah Lingkungan 

Buku elektronik ini sifatnya paperless alias tidak menggunakan kertas. Sehingga tergolong ramah lingkungan karena kertas sendiri diketahui merupakan produk olahan batang pohon. Menggunakannya sama artinya mengurangi aksi penebangan pohon. 

3. Hemat Ruang 

Tanpa memiliki fisik membuat buku elektronik lebih hemat ruang. Bisa disimpan compact di smartphone. Kemudian tidak perlu menyediakan ruangan khusus untuk menyimpan koleksi buku sebagaimana yang terjadi di buku cetak. 

4. Minim Perawatan 

Sekali lagi, dengan karakternya yang tidak memiliki fisik membuat buku elektronik tidak merepotkan pemiliknya. Sebab tidak perlu repot memberikan perawatan apapun, cukup merawat perangkat elektronik saja dan media penyimpanannya. 

5. Harga Ekonomis 

Kelebihan lainnya adalah dari segi harga yang lebih ekonomis. Hal ini terjadi, karena buku elektronik tidak perlu dicetak. Sehingga bebas dari biaya cetak dan membuat harga lebih murah. 

Meskipun begitu, buku elektronik juga memiliki sejumlah kekurangan. Misalnya ada kebutuhan untuk dibaca menggunakan perangkat elektronik. Jika tidak ada perangkat elektronik maka isinya tidak bisa dibaca. 

Selain itu, buku elektronik yang membutuhkan perangkat elektronik untuk dibaca memberi resiko kesehatan. Yakni menyebabkan gangguan kesehatan pada indera penglihatan akibat paparan radiasi perangkat elektronik tersebut. 

Mau menerbitkan buku elektronik (e-book) lebih hemat? TERBITKAN BUKU DIGITAL (e-book) dengan PROMO di Penerbit Deepublish saja! E-book akan dapat E-ISBN dan berpeluang untuk menambah poin KUM.

Sst.. Anda akan mendapatkan voucher diskon, cashback hingga fasilitas e-book premium GRATIS. Yuk, daftar Promo Diskon Terbit Ebook Up To 30% sekarang juga!

Baca juga :

Jenis Format Buku Elektronik 

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, format buku elektronik cukup banyak dan beberapa terbilang populer. Secara umum, berikut adalah daftar format untuk buku elektronik yang beredar di pasaran: 

1. MOBI – Format Mobi Pocket 

Format pertama adalah MOBI yang merupakan format khusus buku elektronik berbasis MobiPocket. Format jenis ini umum digunakan untuk buku elektronik yang dibuka dengan PDA. Sehingga sering dijumpai di Indonesia bahkan di dunia. 

2. PDB – Palm File Database 

Bagi pengguna perangkat elektronik dengan sistem operasi berbasis Palm. Maka bisa mengunduh atau membeli buku elektronik dengan format PDB atau Palm File Database

Sekilas, tampilan buku elektronik dengan format ini sama persis dengan format dokumen digital biasa seperti PDF. Hanya saja, PDB tidak bisa dibuka di sembarang perangkat kecuali memakai sistem operasi Palm.

3. PDF – Portable Document Format 

Siapa yang tidak kenal dengan format PDF atau Portable Document Format? Format buku elektronik satu ini umum dijumpai di Indonesia. Khususnya untuk buku elektronik yang bisa diakses publik tanpa perlu pengaman. 

Meskipun PDF juga menyediakan fitur pengunci dokumen dengan password. Format ini sendiri disediakan oleh Adobe untuk produk Acrobat. Dibutuhkan aplikasi PDF Reader untuk membuka buku elektronik berformat PDF. 

4. CHM – Compressed HTML 

Berikutnya adalah format CHM atau compressed HTML, yang sesuai namanya memang merupakan bentuk ringkas hasil kompres dari file berbentuk HTML. Format ini dirancang untuk bisa dibuka di perangkat berbasis Windows. 

Sehingga umum ditemukan pada buku elektronik yang beredar di pasaran secara luas. Kemudian mudah dibaca, karena bisa memakai komputer berbasis Windows, yang di Indonesia sendiri banyak digunakan. 

5. AZW – Amazon Word 

Bagi penulis buku di Amazon, maka akan familiar dengan format AZW ini. Kepanjangannya adalah Amazon Word, yakni sebuah format dokumen khusus untuk dokumen di Amazon. 

Biasanya buku elektronik yang dijual atau diterbitkan melalui Amazon akan menggunakan format satu ini. Jika penasaran dengan format buku elektronik satu ini bisa membeli buku di Amazon, maka akan mendapatkan format tersebut. 

6. KF8 – Format Kindle Fire 

KF8 juga diketahui merupakan salah satu format untuk buku elektronik. Sama seperti AZW, KF8 merupakan format khusus buku elektronik keluaran Amazon. Sehingga format ini hanya digunakan oleh penulis dan penerbit yang memakai layanan Amazon untuk publikasi sekaligus pemasaran. 

7. HTML – HyperText Markup Language 

Bagi siapa saja yang aktif menggunakan blog maupun website profesional dijamin tidak asing dengan istilah HTML. HTML adalah bahasa standar pemrograman yang digunakan untuk pembuatan website. 

HTML ini bisa dibuka di browser, sehingga buku elektronik dengan format ini bisa dibuka di browser perangkat. Namun tersedia juga aplikasi pembaca khusus, sehingga tinggal di klik pada perangkat dan buku elektronik bisa dibaca. 

8. EPUB – Electronic Publication 

Selanjutnya ada EPUB atau Electronic Publication, format ini diketahui menjadikan HTML dan XHTML sebagai acuan. Sehingga umum digunakan untuk buku elektronik yang mirip dan bisa dibuka blog, website, dan browser. 

9. PRC – Palm Resource File 

Jenis format yang terakhir adalah PRC yang memiliki kepanjangan Palm Resource File. Forma ini cukup populer untuk buku elektronik dan membutuhkan aplikasi pembaca khusus. Secara umum format ini digunakan untuk buku elektronik di MobiPocket, AportisDoc, dan juga e-Reader. 

Melalui penjelasan tersebut maka bisa dipahami bahwa pilihan format buku elektronik memang sangat beragam. Namun, apapun formatnya buku elektronik ini pasti bisa dibaca di perangkat elektronik. Baik tanpa maupun dengan aplikasi pembaca pihak ketiga. 

Rekomendasi Artikel Terkait :

Tahukah Anda bahwa salah satu cara untuk meningkatkan poin KUM adalah menerbitkan buku. Aturan ini tertuang dalam PO PAK 2019.

Sayangnya, kesibukan dalam mengajar, membuat dosen lupa dengan kewajiban lainnya yaitu mengembangkan karir. Maka dari itu, Penerbit Deepublish hadir untuk membantu para dosen meningkatkan poin KUM dengan menerbitkan buku.

Kunjungi halaman Daftar Menerbitkan Buku, agar konsultan kami dapat segera menghubungi Anda.

Selain itu, kami juga mempunyai E-book Gratis Panduan Menerbitkan Buku yang bisa membantu Anda dalam menyusun buku. Berikut pilihan Ebook Gratis yang bisa Anda dapatkan:

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe

Mau dapat update promo dan artikel eksklusif? Tulis e-mail di bawah!
logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama