Apakah Anda pernah menulis atau setidaknya membaca prosa? Umumnya, bagi Anda yang telah atau sedang menempuh pendidikan, mata pelajaran atau mata kuliah Bahasa Indonesia akan mengenalkan Anda pada prosa dan berbagai contoh teks prosa. Tapi, apakah Anda tahu pengertian dan berbagai hal yang ada di dalam prosa?

Prosa dan contoh teks prosa merupakan jenis tulisan yang memiliki ragam bentuk. Prosa merupakan salah satu karya sastra, yang di dalam karya sastra tersebut dibedakan dari puisi. Mengapa demikian? Pada dasarnya contoh teks prosa dan puisi ini sama-sama memiliki ciri khas dan kualitas unik yang membedakan contoh teks prosa dan puisi dengan lainnya.

Prosa yang menyerupai ucapan atau percakapan sehari-hari dalam bentuk tulisan ini biasanya dianggap lebih lugas dari isi puisi. Hal ini terlihat saat mengidentifikasi karya sastra sebagai prosa, biasanya karya tersebut harus ditulis dengan memiliki ciri yang khas dan lugas. Meski demikian, prosa tidak terikat oleh rima dan aturan lainnya.

Setelah memahami pengertian dan makna secara umum mengenai prosa, di bawah ini akan dijelaskan mengenai detail apa saja jenis-jenis dan contoh teks prosa berdasarkan jenis-jenisnya yang ada.

15+ Contoh Teks Prosa

Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai jenis karya sastra prosa dan juga contoh teks prosa berdasarkan jenis-jenisnya.

1. Roman

a. Pengertian Roman

Roman merupakan salah satu jenis narasi prosa yang panjang dan menceritakan mengenai tokoh yang ada di dalamnya dari awal kehidupan sampai kematian tokoh tersebut. Di dalam karya sastra roman, biasanya peristiwa yang terjadi di dalamnya sangat multiple.

b. Ciri-ciri Roman

Di bawah ini merupakan beberapa ciri-ciri roman yang membedakan teks atau karya roman dengan karya sastra atau tulisan lainnya.

– Contoh teks prosa berupa roman biasanya menceritakan tentang kehidupan seorang tokoh yang dimulai sejak ia lahir atau sejak ia kecil sampai tokoh tersebut meninggal dunia atau di akhir hayatnya.

– Karakter yang terdapat di dalam setiap tokoh di dalam tulisan atau karya sastra roman disajikan secara mendetail, terutama pada tokoh utama yang terdapat di dalam roman tersebut.

– Di dalam tulisan atau karya sastra roman, alur ceritanya cukup kompleks. Hal ini karena alur cerita di dalam roman menyajikan cerita yang panjang dan mendetail dibandingkan dengan karya sastra lainnya.

c. Jenis-jenis Teks Roman dan Contoh Teks Prosa Roman

Sama halnya seperti karya sastra yang lain, roman juga dibagi oleh beberapa jenis berdasarkan bentuknya. Berikut ini merupakan jenis-jenis roman lengkap dengan pengertian singkat dan contoh teks prosa roman di dalamnya.

1. Roman percintaan. Roman percintaan atau Liebesroman adalah jenis dari contoh teks prosa roman yang mengangkat cerita tentang kisah percintaan pada zaman romantik yang merupakan sebuah tema utama dalam roman.

Beberapa contoh teks roman percintaan adalah sebagai berikut:

– Roman ‘Gadis Empat Zaman’ karya Salkha

– Roman ‘Medan di Waktu Malam’ karya O. M. Taufik

2. Roman petualangan. Roman petualangan atau Abenteuerroman adalah roman petualangan seorang tokoh utama, baik secara sengaja maupun tidak sengaja terjebak dalam berbagai macam petualangan.

Beberapa contoh teks roman petualangan adalah sebagai berikut:

– Roman ‘Dr. Haslinda’ karya Rivai Marlaut

– Roman ‘Surapati’ karya Abdul Muis

3. Roman psikologi. Roman psikologi atau Psychologischer Roman merupakan jenis roman yang sedikit sekali menceritakan tentang perbuatan tokohnya, tetapi menceritakan lebih banyak mengenai bagaimana keadaan batin seorang tokoh.

Beberapa contoh roman psikologi adalah sebagai berikut:

– Roman ‘Atheis’ karya Achdiat Karta Mihardja

– Roman ‘Katak Hendak Jadi Lembu’ karya Nur Sutan Iskandar

4. Roman kriminal dan detektif. Roman kriminal dan detektif atau Krimi- und Detektivroman, roman kriminal menceritakan roman yang menceritakan psikologi seorang penjahat, sementara roman detektif menceritakan teka-teki yang harus dipecahkan seorang detektif.

Beberapa contoh teks roman kriminal dan detektif adalah sebagai berikut:

– Roman ‘Mencari Pencuri Anak Perawan’ karya Suman Hasibuan

– Roman ‘Kasih Tak Terlerai’ karya Suman Hasibuan

5. Roman hiburan. Roman hiburan atau Unterhaltung Roman merupakan roman yang berisi contoh teks prosa roman yang memuaskan keinginan pembaca terhadap suatu hiburan. Roman ini tidak bercerita mengenai perselisihan yang mendalam atau mengharukan, tetapi lebih kepada roman yang menceritakan gambaran ringan bagi pembaca dan biasanya berakhir bahagia.

6. Roman anak dan remaja. Roman anak dan remaja atau Kinder- und Jugendroman merupakan roman yang ditujukan untuk anak-anak dan remaja yang biasanya terdapat aspek untuk menghibur, mendidik, atau mengajar.

Beberapa contoh teks roman anak dan remaja adalah sebagai berikut:

– Roman ‘Si Dul Anak Jakarta’ karya Aman

– Roman ‘Pertemuan Jaya’ karya Adinegoro.

7. Roman pendidikan. Roman pendidikan atau Bildungsroman merupakan roman yang di dalamnya menitikberatkan tentang perkembangan pendidikan tokoh utama yang terdapat di dalam cerita tersebut.

Beberapa contoh teks roman pendidikan adalah sebagai berikut:

– Roman ‘Neraka Dunia’ karya Nur Sutan iskandar

– Roman ‘Salah Asuhan’ karya Abdul Muis.

2. Novel

a. Pengertian Novel

Selain roman, contoh teks prosa yang populer lainnya adalah novel. Novel adalah salah satu contoh teks prosa atau jenis prosa yang di dalamnya terkandung beberapa unsur yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang membangun sebuah novel. Novel biasanya identik dengan berbagai cerita yang lebih panjang dan kompleks dibandingkan cerpen.

b. Ciri-ciri Novel

Untuk dapat membedakan contoh teks prosa novel dengan teks prosa lainnya, maka novel memiliki ciri-ciri khas sebagai berikut:

– novel terdiri lebih dari 35.000 kata atau paling sedikit 100 halaman

– di dalam novel, terdapat lebih dari satu pelaku atau tokoh yang diceritakan

– novel mengandung lebih dari satu emosi dan efek

– cerita yang disajikan di dalam novel lebih kompleks

c. Jenis-jenis Teks Novel dan Contoh Teks Prosa Novel

Novel memiliki berbagai macam jenis novel dan di bawah ini akan dikupas mengenai jenis-jenis novel dan contoh teks prosa yang terdapat pada novel.

1. Novel romantis. Novel romantis di dalamnya menceritakan mengenai kisah-kisah percintaan pada tokohnya. 

Contoh teks prosa novel misalnya:

– ‘Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990’ karya Pidi Baiq

‘Rindu’ karya Tere Liye

2. Novel misteri. Novel misteri menceritakan berbagai contoh teks prosa yang mengisahkan mengenai kejadian misteri yang menimbulkan rasa penasaran karena biasanya dibungkus dengan penuh teka-teki.

Contoh teks prosa novel misalnya:

‘The Davinci Code’ karya Dan Brown

‘Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah’ karya Risa Saraswati

Baca Juga:

21 Jenis-Jenis Novel Berdasarkan Genrenya

Cara Membuat Buku Novel

Cara Menjadi Penulis Novel

Cara Memulai Menulis Novel

Cara Menulis Novel untuk Pemula

Penokohan dalam Menulis Buku Novel

Tips Merancang Setting Novel

3. Cerpen

a. Pengertian Cerpen

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu teks prosa atau jenis karya sastra yang berbentuk prosa yang hanya memiliki satu tahapan alur cerita yang biasanya mengisahkan mengenai kehidupan manusia yang diceritakan melalui tulisan pendek dan singkat. Cerpen juga disebut sebagai karangan fiktif yang hanya berfokus pada satu tokoh saja.

b. Ciri-ciri Cerpen

Cerpen memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan contoh teks prosa lainnya, adalah:

– Cerpen merupakan sebuah cerita atau tulisan yang pendek

– Memiliki satu tahapan alur

– Cerpen memiliki alur yang ketat dan padat

– Cerpen harus memberikan kesan tuntas dan biasanya menceritakan satu kejadian atau peristiwa saja

c. Jenis-jenis dan Contoh Teks Cerpen

1. Cerpen singkat. Cerpen singkat atau cerpen pendek ini panjangnya terdiri dari kurang dari 1.000 kata, atau biasanya hanya 500 – 700 kata saja.

2. Cerpen sedang. Cerpen sedang memiliki panjang 700 hingga 1.000 kata atau lebih panjang daripada cerpen singkat.

3. Cerpen panjang. Sedangkan cerpen panjang, biasanya memiliki lebih dari 1.000 kata, tetapi kurang dari 5.000 kata.

Contoh Cerpen

Mimpi Seorang Anak Petani

Amar, seorang anak petani yang masih duduk di bangku SMP selalu penasaran dengan kehidupan di kota. Setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah, Amar selalu berjalan di jalan raya yang biasa dilewati oleh motor dan mobil milik orang kota yang melewati desanya untuk menempuh perjalanan.

“Sepertinya enak jadi anak kota. Bisa diantar jemput orang tua pakai kendaraan mewah,” ucap Amar dalam hati. Amar memang selalu ingin menjadi anak orang kota agar bisa menikmati betapa mudahnya hidup dengan kemudahan teknologi di kota. Sayangnya, ia hanya bisa berkhayal.

Lahir sebagai anak seorang petani sering membuat Amar tidak berpuas hati, namun ia tak pernah menyalahkan atau meminta banyak hal kepada kedua orang tuanya. Amar hanya bisa berusaha dan terus belajar agar kelak ia bisa hidup di kota besar. Sampai akhirnya, Amar lulus SMA, ia mulai merangkai mimpi demi mimpinya.

Amar dinyatakan sebagai lulusan terbaik di sekolahnya. Ia mendapat penawaran dari sekolah untuk masuk ke universitas negeri di salah satu kota dekat dengan desanya. Tentu saja Amar sangat senang dan menyampaikan keberhasilannya kepada kedua orang tuanya. Kedua orang tua Amar yang seorang petani ikut senang dan bangga.

Sayangnya di tengah kebahagiaan yang Amar rasakan, ayahnya jatuh sakit. Ayahnya ditabrak oleh mobil mewah ketika akan berangkat ke desa. Padahal hari itu adalah hari pendaftaran universitas yang merupakan hari bersejarah bagi Amar. Amar dengan sangat sedih harus mengantar ayahnya ke rumah sakit karena kondisinya sangat parah.

Awalnya, Amar diantar dengan mobil yang menabrak ayahnya ke salah satu rumah sakit di kota. Amar tak punya pikiran apa-apa saat itu, meski itu baru pertama kalinya Amar menginjakkan kaki di kota. Ia hanya fokus pada kesehatan sang ayah. Betapa kagetnya Amar ketika mengetahui penabrak ayahnya orang yang punya jabatan tinggi di rumah sakit tempat sang ayah diobati.

Hari demi hari dilalui Amar di ruang rawat inap rumah sakit untuk menemani sang ayah. Ia merasakan tidur di kamar cukup baik di rumah sakit tersebut. Sayangnya, ia merasa tak nyaman karena ia harus tidur dengan kondisi ayahnya yang mengkhawatirkan. Beberapa minggu setelahnya, sang ayah baru dinyatakan sembuh.

Karena penabrak adalah orang yang baik, ia mengantarkan kembali ayah dan Amar sampai rumah dengan selamat dan memberinya bantuan sebagai tanda permintaan maaf. Selama perjalanan, Amar ditanyai mengenai kehidupan sehari-hari dan Amar menceritakan kegagalannya masuk universitas terbaik karena kejadiannya pas dengan kecelakaan sang ayah.

Kaget, bahagia, sekaligus terharu, orang yang menabrak sang ayah menawari Amar untuk bekerja di rumah sakit yang ia kelola. Amar akhirnya dapat mencapai mimpinya hidup sebagai orang kota meski harus melalui musibah yang tak terduga. Orang tua Amar menyambut niat baik dari penabraknya dan merestui Amar bekerja di rumah sakit kota itu.

Baca Juga:

Cara Menulis Cerpen Online

Cara Membuat Pembukaan Cerpen

Cara Menulis Cerpen yang Baik

Langkah Menulis Cerpen Bagi Pemula

4. Kritik

a. Pengertian Kritik

Kritik merupakan salah satu contoh teks prosa yang bersifat menanggapi sebuah karya seni. Berbeda dengan kritik dengan arti luas, kritik sebuah karya sastra bertujuan menunjukkan kelebihan dan kekurangan suatu karya sastra.

b. Ciri-ciri Kritik

Berikut ini merupakan ciri-ciri kritik, antara lain:

– mempengaruhi harga nilai seni

– meningkatkan kualitas pemahaman dan penghargaan

– meningkatkan kualitas proses dan pekerjaan

5. Resensi

a. Pengertian Resensi

Resensi merupakan salah satu contoh teks prosa yang berisi ulasan mengenai kelemahan atau kelebihan suatu karya untuk diberitahukan kepada pembaca. Resensi ini hampir mirip dengan kritik. Namun bedanya, resensi bersifat objektif dan sistematikanya lebih jelas.

b. Ciri-ciri Resensi

Karena resensi memiliki sistematika yang lebih jelas dan terarah, maka berikut ini adalah ciri-ciri resensi:

– terdapat judul resensi

– terdapat identitas buku

– terdapat sinopsis dan ulasan buku

– mengulas kelemahan buku dan kelebihan buku

6. Esai

a. Pengertian Esai

Esai juga merupakan salah satu contoh teks prosa yang menggambarkan opini penulis tentang subjek tertentu yang dicoba untuk dinilai. Esai juga dipahami sebagai salah satu karya tulis ilmiah yang berisi mengenai rangkaian fakta berupa hasil pemikiran, gagasan peristiwa, gejala, dan pendapat.

b. Ciri-ciri Esai

Untuk membedakan esai dan jenis dari contoh teks prosa lainnya, esai memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

– berbentuk prosa

– memiliki gaya yang khas

– bentuk isi tidak utuh

– memenuhi kriteria penulisan

– singkat

c. Contoh Teks Prosa Esai

Sampah menjadi isu Internasional. Selama ini kita hanya berkutat mempermasalahkan isu sampah yang ada di bumi. Mungkin saja tidak sampai berpikiran bahwa ada isu sampah yang juga perlu menjadi perhatian. Yaitu sampah Antariksa.

Kita tahu, kini era dan jamannya teknologi mendominasi kehidupan sehari-hari. Setiap jam, manusia bergantung dengan elektronik dan teknologi canggih. Contoh sederhana, kita selalu berkomunikasi menggunakan internet, dalam ekonomi kita juga bertransaksi menggunakan m-banking, hingga dalam penyimpanan uang di bank-pun juga bergantung dengan teknologi.

Dimana semua aktivitas tersebut membutuhkan satelit di luar angkasa sana. Tanpa sadar, banyaknya satelit yang diterbangkan terjadi sampah antariksa. Belum lagi Negara-negara maju, yang mereka bersaing di bidang teknologi. Maka sudah hal yang biasa mereka menerbangkan satelit ke luar angkasa untuk sebuah misi Negara ataupun misi manusia.

Ketika roket itu diterbangkan angkasa, mereka akan menghasilkan sampah. Satu satelit saja, bisa meninggalkan beberapa sampah, sebelum akhirnya satelit intinya dari material atau badan roket.

Dengan kata lain, isu sampah internasional tingkat tinggi tidak hanya mempermasalah sampah plastik atau sampah yang ada di bumi. Tetapi juga sudah mengalami kecemasan sampah di antariksa. Mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa bumi kita dikelilingi ratusan satelit.

Orbit bumi dikelilingi banyak sekali satelit bekas roket dan pecahan-pecahan lain. Ketika di orbit terlalu banyak sampah, maka risiko terjadinya tabrakan antar satelit semakin besar. Jadi setiap terjadi satu tabrakan, dapat menimbulkan serpihan angkasa yang meningkatkan kemungkinan tabrakan-tabrakan lainya. Terjadinya kasus inilah yang kemudian disebut dengan Sindrom Kessler.

Kepadatan sampah antariksa inilah yang menjadi kekhawatiran bagi misi luar angkasa di masa depan. Di masa depan, tentu jika tidak dibersihkan akan semakin banyak sampah di luar angkasa. Sehingga setiap kali ingin menerbangkan roket, harus dinavigasi melalui koridor sempit yang dikelilingi sampah satelit.

Koordinator ESA, Thomas Reiter menegaskan bahwa sampah yang begitu banyak di orbit akan banyak bertabrakan. Jadi, hampir tidak mungkin menggunakan orbit di ketinggian 400 sampai 1200 km. Padahal, sekarang hidup manusia sangat bergantung dengan kerja satelit. Satelit sangat membantu dibanyak bidang, mulai dibidang perekonomian, studi iklim, navigasi pesawat terbang, kemajuan teknologi mesin dan banyak lainnya.

Tidak banyak orang tahu bahwa sampah antariksa menjadi kekhawatiran bagi Negara-negara maju. Karena masa aktif atau usia satelit yang diterbangkan hanya beroperasi selama 7 tahun sampai 10 tahun. Setelah itu, satelit-satelit tersebut harus segera diganti dengan yang baru. Jika tidak diganti dengan satelit baru, akan ketinggalan jaman.

Kemunculan satelit baru inilah yang menjadi isu dan problem baru lagi. Karena akan menambah jumlah sampah antariksa. Maka, para ilmuwan kini sedang berfikir dan mengembangkan cara lain, bagaimana mengurangi sampah. Menurut Thomas Reiter banyak ide brilian yang lahir, tapi tidak ada langkah konkret mengurangi sampah antariksa tersebut.

Maka kini para ilmuwan pun tengah mengembangkan bagaimana cara agar satelit yang tidak lagi beroperasi bisa kembali lagi ke bumi, dengan cara manuver rumit. Sayangnya, setiap satelit yang pulang ke bumi akan terbakar karena gesekan atmosfer dan akhirnya pecah. Tetapi ada struktur bagian dalam yang disebut pitan yang tidak akan hancur, dan biasa nya pitan itu akan jatuh ke bumi.

Meskipun sudah ada upaya, upaya ini belumlah menjadi solusi fundamental. Tetap saja sampah antariksa di luar angkasa masih banyak. Jika dilihat, bumi pun tampak dikelilingi material kecil. Kesimpulannya, ditengah kemudahan teknologi dan kepraktisan hidup manusia, ada dampak negatif yang manusia timbulkan, dimana ini pula yang menjadi tanggungjawab kita bersama. Dan semoga, dengan lahirnya masalah dan isu ini, semakin banyak regenerasi yang lahir memberi solusi.

(Dipublikasikan di Tabloid BIAS, Edisi 1, 2019)

7. Hikayat

a. Pengertian Hikayat

Hikayat merupakan salah satu contoh teks prosa yang berbeda dengan puisi karena variasi ritme yang dimiliki lebih besar dan bahasanya lebih sesuai dengan arti leksikalnya.

b. Ciri-ciri Hikayat

Berikut ini merupakan ciri dari contoh teks prosa hikayat:

– bahasa yang digunakan biasanya bahasa Melayu lama

– memiliki ciri istana sentris, artinya cerita yang dimuat biasanya berlatar kerajaan

– sifatnya pralogis atau tidak bisa diterima oleh akal

– hikayat biasanya tidak diketahui jelas nama pengarang atau penulisnya

c. Contoh Hikayat

Ada beberapa contoh teks prosa hikayat yang populer, seperti:

– Hikayat ‘Abu Nawas’

– Hikayat ‘Hang Tuah

– Hikayat ‘Tanjung Lesung

8. Sejarah

a. Pengertian Sejarah

Sejarah juga merupakan salah satu contoh teks prosa lama yang menceritakan kejadian yang diambil dari peristiwa sejarah yang bisa dibuktikan dengan fakta-fakta sejarah.

b. Ciri-ciri Sejarah

Untuk membedakan jenis prosa sejarah dan lainnya, maka inilah ciri-ciri prosa sejarah:

– menceritakan kejadian saat peristiwa sejarah

– dibuktikan dengan fakta-fakta sejarah

– biasanya menceritakan raja-raja dan silsilahnya

c. Contoh Teks Prosa Sejarah:

Sejarah Raja Majapahit karya Mpu Prapanca

9. Kisah

a. Pengertian Kisah

Kisah merupakan sebuah jenis prosa yang menceritakan tentang perjalanan seseorang dari satu tempat ke tempat lainnya.

b. Ciri-ciri Kisah

Berbeda dengan hikayat, kisah memiliki ciri-ciri di antaranya:

– menceritakan perjalanan, pengalaman, dan petualangan orang di zaman dahulu

– cerita yang dituliskan tidak terikat aturan

c. Contoh Teks Prosa Kisah

– Kisah Perjalanan Abdullah Menuju Negeri Kelantan

– Kisah Abdullah Menuju Jeddah

10. Dongeng

a. Pengertian Dongeng

Dongeng adalah sebuah cerita khayalan yang tokohnya berupa binatang atau tumbuh-tumbuhan.

b. Ciri-ciri Dongeng

– disebarkan secara lisan

– ada dalam versi yang berbeda-beda

– bersifat anonim

– memiliki nilai moral

c. Contoh Dongeng

– Kancil dan Harimau

– Kura-kura yang Sombong

– Kancil Mencuri Timun

FAQ Contoh Teks Prosa

Apa Teks Prosa?

Prosa adalah karya sastra yang mendeskripsikan cerita, ide, atau fakta yang tidak terikat oleh aturan dan biasanya diungkapkan seperti halnya ucapan atau ujaran sehari-hari yang ditulis dalam bentuk tulisan.

Apa yang Dimaksud dengan Prosa dan Contohnya?

Prosa adalah jenis tulisan yang berbeda dengan puisi karena berbentuk cerita yang bebas dan tidak terikat oleh rima. Berikut merupakan salah satu contoh prosa.

Apa Itu Prosa Pendek?

Prosa pendek adalah jenis prosa yang menceritakan mengenai kejadian secara singkat dan tidak lebih dari 1.000 kata.

Apa Saja yang Termasuk Prosa?

Beberapa jenis prosa atau apa saja yang termasuk prosa, adalah:

– roman
– novel
– cerpen
– riwayat
– kritik
– resensi
– esai
– hikayat
– sejarah
– kisah
– dongeng

Artikel Terkait:

Contoh Teks Persuasif

Contoh Teks Biografi 

Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Anekdot