Dalam belajar menulis Microsoft Word, ada banyak hal yang perlu diketahui oleh pengguna, terutama bagi para pengguna yang merupakan akademisi dan membutuhkan Microsoft Word untuk menunjang belajar atau pekerjaannya. Dan salah satu unsur yang perlu diketahui dan dipelajari adalah margin.

Margin sangat perlu dipelajari dan juga tepat digunakan, terlebih margin skripsi yang benar. Dalam penyusunan skripsi, ada berbagai hal dalam penulisan yang perlu diperhatikan dan biasanya aturannya sangat baku, termasuk margin skripsi yang benar. Memang sangat banyak fitur dalam margin skripsi yang benar, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui.

Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal mengenai margin baik secara umum maupun margin skripsi yang benar agar ketika menulis skripsi, Anda tidak mengalami kebingungan bahkan terjadi kesalahan dalam penulisan sehingga harus mengulang hal teknis berkali-kali.

Apa itu Margin Skripsi?

Sebelum memahami margin skripsi yang benar, yang harus dipelajari yang pertama adalah mengenal apa itu margin. Bagi yang sudah sering atau ahli menggunakan atau mengoperasikan Microsoft Word, tentu istilah margin ini bukan lagi jadi hal yang membingungkan.

Akan tetapi bagi beberapa orang yang belum terlalu bisa mengoperasikan atau baru memulai dalam menulis di Microsoft Word, maka penting bagi mereka untuk mengenal apa itu margin. Tapi sebenarnya apa itu margin yang selama ini kerap disebut terutama di dalam penulisan skripsi sehingga harus membuat margin skripsi yang benar?

Sama halnya seperti yang ada di dalam margin skripsi yang benar, margin memiliki arti adalah sebagai garis yang berada di antara tepi kertas dengan dokumen. Artinya, margin merupakan sebuah tempat kosong yang terletak di antara kertas dengan dokumen.

Margin biasanya terletak di bagian atas, bagian bawah, kiri, dan juga kanan. Margin tersebut merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh program Microsoft Word yang terletak pada bagian menu ‘Page Layout’. Fitur margin tersebut digunakan ketika Anda sebagai penulis ingin mengatur aturan jarak dan tata letak tulisan pada suatu dokumen.

Margin skripsi yang benar atau fitur margin secara umum memiliki fungsi untuk mengatur margin atau jarak batas tepi teks dari masing-masing jenis kertas yang sudah dipilih oleh pengguna atau penulis. Luas pada margin juga tergantung bagaimana halaman kertas tersebut dipilih atau Anda juga bisa mengatur sendiri sesuai keinginan.

Sama seperti margin skripsi yang benar, margin memiliki aturan berbeda-beda tergantung bagaimana jenis dokumen yang dikerjakan. Margin juga memiliki ukuran garis tepi masing-masing, akan tetapi tetap menyesuaikan jenis atau ukuran kertas yang dipilih atau digunakan.

Biasanya, masing-masing dokumen yang umum ditulis memiliki margin halaman yang berbeda. Contohnya saja untuk ukuran default yakni 2.54 cm untuk tepi atas, tepi kiri, tepi kanan, dan juga tepi bawah. Misal lagi pada margin skripsi yang benar, aturan yang biasanya ditetapkan adalah 4 4 3 3.

Yang mana dalam aturan margin skripsi yang benar yakni 4 4 3 3 ini adalah kiri adalah berjarak 4 cm, atas berjarak 4 cm, kanan berjarak 3 cm, dan bawah berjarak 3 cm. Melihat dua jenis aturan margin tersebut, sudah terbukti bahwa margin memiliki aturan yang berbeda tergantung apa dokumen yang dibuat dan bagaimana ukuran kertasnya.

Melihat ukuran margin skripsi yang benar, meski terkesan sulit, ternyata mengatur margin skripsi yang benar yaitu 4 4 3 3 bukan hal yang sulit. Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur margin dengan tepat, sehingga Anda dapat menentukan margin skripsi dengan benar, sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Baca Juga:

Aturan Penulisan Karya Ilmiah dan Sistematikanya

Artikel Ilmiah: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Sistematikanya

Jenis Karya Ilmiah yang Wajib Diketahui

11 Langkah Menulis Karya Ilmiah yang Efektif

Fitur dalam Margin Skripsi

Sebelum mengenal bagaimana margin skripsi yang benar, perlu diketahui bahwa ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengatur margin. Tentu saja fitur margin yang terdapat di dalam Microsoft Word ini sangat penting. Yang mana nantinya berbagai fitur pada margin ini nanti akan menentukan bagaimana tata letak dokumen yang Anda buat.

Termasuk untuk membuat margin skripsi yang benar, Anda harus memahami berbagai fitur margin ini secara teknis agar dapat menentukan besar ukuran dan jarak pada marginnya sehingga tidak bingung dalam mengoperasikan. Di bawah ini akan dijelaskan tentang fitur-fitur margin tersebut secara lengkap.

1. Margin Top

Fitur margin yang kemudian juga penting digunakan dalam margin skripsi yang benar adalah margin top. Margin top merupakan fitur margin yang memiliki fungsi untuk memberikan jarak pada kertas ke bagian bawah kertas lainnya. Artinya, kata ‘top’ pada margin top ini menandakan adanya batas jarak kertas bagian atas.

Sehingga, margin top ini digunakan untuk misalnya penulisan halaman pada bagian atas, maka besar angkanya akan semakin besar. Namun jika pada penulisannya tidak menggunakan penomoran halaman, ukurannya pun akan semakin lebih kecil. Dari sini sudah diketahui apa arti dan juga fungsi dari margin top.

2. Margin Bottom

Fitur margin jenis kedua adalah margin bottom. Margin bottom ini memiliki fungsi yakni untuk memberikan jarak pada bagian bawah kertas. Sehingga, margin bottom ini berfungsi memberikan ruang dan juga jarak. Biasanya hal ini dilakukan untuk memberikan ruang, misal dokumen tersebut akan dijilid atau akan dilakukan pemotongan.

Dengan demikian, ketika margin bottom ini digunakan maka dokumen tersebut sudah diatur sedemikian rupa agar tidak terpotong bagian-bagiannya atau memang sudah sesuai dengan aturan dokumen yang berlaku.

3. Margin Left

Fitur yang selanjutnya adalah fitur margin left. Fitur ini yakni margin left merupakan jarak yang diberikan pada kertas bagian kiri. Biasanya hal ini juga dilakukan agar sisi sebelah kiri memiliki ruang yang lebih lebar. Sama halnya seperti margin bottom, ada beberapa tujuan mengapa margin left harus diatur.

Salah satunya juga untuk memberi ruang bagi dokumen tersebut karena nantinya dokumen tersebut akan dilakukan penjilidan atau pemotongan, sehingga ketika sudah dijilid atau bahkan melalui proses pemotongan, bagian naskah tetap tersusun secara simetris.

4. Margin Right

Jenis margin yang biasa digunakan pada berbagai jenis margin yang selanjutnya yakni margin right. Margin right ini merupakan margin yang memiliki fungsi yakni memberi jarak kertas pada sebelah kanan. Berbeda dengan margin left, biasanya bagian kanan kertas cenderung tidak digunakan untuk penjilidan.

Oleh sebab itu, biasanya ukuran margin right lebih kecil daripada ukuran margin left. Seperti misalnya yang digunakan di dalam margin skripsi yang benar, margin right ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding margin left yakni 3 cm.

5. Margin Gutter dan Margin Gutter Position

Jenis margin terakhir yang bisa digunakan dalam penulisan pada Microsoft Word adalah margin gutter. Fitur margin gutter ini biasanya digunakan untuk membantu penulis dalam mengatur batas kiri untuk memberikan ruang lipatan pada kertas. Sementara itu, margin gutter position membantu penulis menentukan letak dari penjilidan pada bagian kiri atas.

Ada beberapa aturan yang digunakan pada margin gutter dan margin gutter position, yaitu portrait dan juga landscape. Berikut adalah fungsi dari dua jenis aturan tersebut.

a. Portrait

Portrait merupakan pengaturan margin skripsi yang terdapat pada Microsoft Word di mana digunakan untuk mengatur atau menentukan posisi kertas agar berdiri. Biasanya, pengaturan margin ini terletak di bagian bawah. Dalam pengaturan ini, ada dua posisi kertas portrait yang bisa dipilih dan digunakan.

b. Landscape

Pengaturan yang kedua adalah landscape. Pengaturan landscape ini merupakan pengaturan yang mengatur kertas pada posisi tidur. Sebenarnya, landscape atau posisi horizontal ini cenderung jarang digunakan di dalam penulisan berbagai dokumen, apalagi skripsi.

Akan tetapi pada beberapa aturan atau ketentuan, pengaturan landscape ini juga tetap digunakan. Misalnya untuk menulis lampiran tabel, foto, dan lain sebagainya yang memang hanya bisa menggunakan pengaturan landscape ini.

Cara Mengatur Margin Skripsi 4 4 3 3 di Microsoft Word

Sudah diketahui bahwa ada berbagai hal yang perlu diketahui dan dipelajari sebelum menerapkan margin skripsi yang benar. Oleh sebab itu, kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatur margin skripsi yang mana menggunakan aturan 4 4 3 3 di Microsoft Word.

Jika sudah memahami berbagai penjelasan di atas, maka membuat atau mengatur margin skripsi yang mana aturannya adalah 4 4 3 3 adalah bukan hal yang sulit. Anda sudah bisa menerapkan formatnya secara sederhana dan bahkan dengan cara cepat. Pertama yang perlu dilakukan adalah Anda perlu mengatur format margin skripsi terlebih dahulu.

Margin dalam skripsi harus diatur sejak awal. Mengapa demikian? Jika semua naskah sudah selesai ditulis atau dalam arti semua dokumen sudah ditulis sampai selesai, maka ketika margin diatur pada akhir akan berpengaruh terhadap bagaimana tata letaknya. Bisa jadi, tata letaknya akan berubah sehingga Anda perlu mengulang menulis dari awal.

Oleh sebab itu, perlu diperhatikan bahwa pengaturan margin skripsi yang benar yaitu 4 4 3 3 harus ditetapkan atau diatur sejak awal menulis.

Ukuran Standar Margin Skripsi dalam CM dan Inch

Margin skripsi yang benar juga bisa ditentukan dalam ukuran cm atau inch. Untuk standar penulisan margin skripsi yang benar di Indonesia biasanya menggunakan ukuran 4 cm, 4 cm, 3 cm, dan 3 cm. Jika menggunakan ukuran inch, biasanya bisa di-convert dengan per 1 inch adalah 2,54 cm.

Dengan demikian, begini ukuran standar margin skripsi dalam cm jika di-convert menggunakan ukuran inch.

NoMargin SkripsiUkuran dalam cmUkuran dalam inch
1Left4 cm1,58 inch
2Top4 cm1,58 inch
3Right3 cm1,18 inch
4Bottom3 cm1,18 inch

Langkah-langkah Mengatur Margin Skripsi 4 4 3 3

Jika masih bingung bagaimana langkah-langkah mengatur margin skripsi yang benar sesuai dengan aturan 4 4 3 3, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Microsoft Word

Pertama, Anda harus masuk ke aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu sebelum membuat atau menulis skripsi.

2. Arahkan kursor ke menu bar

Kemudian, arahkan kursor ke menu bar atau bagian paling atas dan pilih ‘Page Layout’. Page Layout berfungsi untuk mengatur tata letak halaman, salah satunya margin. Tapi selain itu ada berbagai fitur lain misalnya landscape, portrait, size, column, dan lain sebagainya.

3. Pilih Margin

Setelah itu, klik atau pilih ‘Margin’ yang terletak di sebelah samping Orientation yang terletak pada kotak ‘Page Setup’.

4. Pilih Margin yang sesuai

Kemudian, pilih margin yang sesuai dengan aturan atau yang ingin Anda gunakan. Anda dapat menggunakan pilihan recent custom untuk menyesuaikan ukuran margin sesuai dengan aturan atau tata aturan penulisan skripsi yang benar.

5. Atur ukuran margin

Setelah itu, atur margin 4 4 3 3 sesuai dengan aturan margin skripsi yang benar. Misalnya yang terlihat pada enam kolom pilihan tersebut. Atur bagian top 4 cm, left 4 cm, bottom 3 cm, dan right 3 cm, yang nantinya akan membuat tampilan sama seperti aturan margin pada skripsi yang benar.

Setelah itu, klik OK untuk menyelesaikan pengaturan margin.

Baca Juga:

10 Contoh Karya Ilmiah yang Baik dan Benar

Unsur-Unsur dalam Menulis Artikel Ilmiah

Mengenal Pentingnya Novelty dalam Tulisan ilmiah

Tips Menulis Artikel Ilmiah yang Baik

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word untuk Skripsi

Setelah mengatur margin, Anda juga perlu melakukan pengaturan untuk ukuran kertas. Sama halnya seperti ukuran margin, skripsi juga biasanya memiliki aturan kertas yang baku. Aturan kertas yang digunakan pada skripsi adalah ukuran A4.

Berikut adalah cara mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word yang sesuai dan digunakan untuk penulisan skripsi.

1. Arahkan kursor ke bagian menu bar dan pilih menu ‘Page Layout’.

2. Setelah itu, pilih fitur size untuk mengatur ukuran kertas.

3. Pilih ukuran kertas yaitu A4 atau dengan ukuran 8,27 inch x 11,69 inch.

Mengapa skripsi menggunakan ukuran A4, bukan F4? Berbeda seperti penulisan karya ilmiah yang menggunakan standar buku F4, ukuran skripsi memang sudah diatur harus menggunakan ukuran A4 atau ukuran kertas kuarto. Hal ini karena menyesuaikan aturan dan ketentuan keseragaman.

Meski demikian, beberapa universitas biasanya menentukan berat kertas. Misalnya A4 dengan ukuran 70 gram atau A4 dengan ukuran 80 gram, tergantung pada otoritas atau kesepakatan pihak universitas masing-masing.

Cara Lain Mengatur Margin Skripsi yang Benar

Setelah mengetahui cara mudah untuk mengatur margin skripsi yang benar, ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengatur margin skripsi. Simak caranya di bawah ini.

1. Buka lembar kerja Microsoft Word dan perhatikan fitur ruler yang ada di bagian sisi atas. Di bagian ruler ada dua warna, yaitu warna abu dan warna putih.

2. Kemudian, klik ruler abu-abu sebanyak dua kali dan maka otomatis fitur ruler akan mengatur ukuran margin sesuai dengan ketentuan.

3. Jika sudah melakukan dua kali klik ruler maka akan tampak ukuran yang sudah diatur baik dari top, left, bottom, dan right. Dan isikan semuanya menjadi 4 cm, 4 cm, 3 cm, dan 3 cm sesuai dengan aturan skripsi.

4. Terakhir, tekan bagian paper dan pilih ukuran kertas yaitu A4 pada bagian bawahnya dan setelah itu klik OK.

Masalahnya, beberapa orang akan menemukan kesulitan karena fitur ruler tidak berhasil ditemukan atau tidak muncul. Jika ruler tidak muncul, maka harus lebih dahulu diatur secara manual. Berikut caranya:

– klik ‘view’,

– kemudian akan menampilkan berbagai macam pilihan menu dan centang ‘ruler’ dan secara otomatis akan muncul penggaris pada bagian atas dan bagian kiri lembar kerja Anda.

Dengan langkah dan tips lengkap di atas, maka Anda dapat mengatur margin skripsi yang benar sesuai dengan yang ditentukan dan tidak mengalami kesulitan dalam mengaturnya.

Artikel Terkait:

Cara Menulis Abstrak Karya Ilmiah, Skripsi, dan Paper

7 Contoh Simpulan Karya Ilmiah, Jurnal, Laporan, dan Skripsi

17 Contoh Penutup Makalah, Laporan, Jurnal, dan Skripsi

Contoh Halaman Persembahan Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah

Cara Menyusun Proposal Tesis yang Baik dan Benar

11 Tips Mengubah Skripsi/Tesis/Disertasi Menjadi Buku

Pengertian Disertasi: Sistematika dan Perbedaannya dengan Tesis dan Skripsi